Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Membaca Buku Efektif


Tips Ciamik - Cara Membaca Buku Efektif Satu benda yang sangat berharga dan tak pernah lepas dari kita adalah buku, mulai dari bentuknya yang tipis sampai yang paling tebal mereka beragam dan mempunyai manfaat yang besar, sejak SD , SMP sampai kuliah, bahkan kerja pun sosok benda ini tidak pernah luput dari pandangan kita. bentuknya yang kecil tapi manfaatnya luar biasa karena memberikan informasi yang belum pernah kita ketahui sebelumnya.

mengenai buku, banyak orang yang gemar membaca buku hingga di  sebut kutu buku ada pula orang yang gemar mengoleksi buku, mengoleksi saja tanpa ada niat untuk membaca. mungkin karena dia sudah pernah mencoba untuk membaca tapi tidak ada rasa ketertarikan untuk menyukai kegiatan tersebut, dan itu mungkin karena dia kurang efektif dalam membaca buku, sungguh buku itu sangat menarik untuk di baca apabila kita tahu bagaimana cara membacanya dengan efektif.
berikut adalah cara membaca buku yang efektif :

1). pilihlah judul buku yang menarik : judul buku atau topik yang menarik sangat penting ketika anda ingin membaca suatu buku, jangan sampai anda terlanjur membeli dan membacanya tapi baru setengah anda sudah tidak tertarik dengan isinya. jadi pemilihan topik bacaan sangatlah penting.

2). baca dengan detail, baca semua yang ada dalam buku tersebut semua yang ada termasuk sampul, daftar isi kata pengantar pengarang dan semuanya, karena banyak orang yang sudah tidak sabar dan ingin langsung ke isi dari buku tersebut, karena jangan salah mengetahui secara detail secara keseluruhan dari suatu buku sebenarnya lebih menarik. dari situ juga sebenarnya menjelaskan inti dari buku tersebut.

3). pilih waktu, waktu sangatlah penting terutama bagi anda tipe orang yang sulit berkonsentrasi dalam keadaan yang ramai / berisik, bagi anda yang hanya bisa berkonsentasi dalam keadaan tenang, pilihalah waktu yang benar-benar tepat. selain itu usahakan dalam menyelesaikan satu buku usahakan seminimal mungkin hanya dalam beberapa kali baca dan selesai, lebih bagus bila sekali atau dua kali langsung selesai, jangan sampai anda memotong-motong sampai puluhan kali baru dapat menyelesaikan satu bacaan buku. karena tentunya itu tidak akan efektif.

4). coret coret buku anda, saat anda akan membaca suatu buku sediakan sebuah pensil untuk mencoret-coret buku anda, jangan biarkan buku anda tetap mulus ketika anda telah selesai membacanya. anda boleh memberikan catatan kecil di samping tulisan, beradu argument jika anda tidak sependapat dengan tulisan yang ada di buku tersebut, tentunya ini akan melatih daya  fikir anda.

5). menandai, selain mencoret coret anda juga dapat menandai kata yang menurut anda baru dan perlu untuk di ingat, dengan cara menggaris bawahi. karena dengan memberi kan tanda maka otak anda akan lebih mengingat kata tersebut.

bagaimana tips yang saya berikan, sudah siapkah anda untuk mulai membaca ????
Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "Cara Membaca Buku Efektif"

Back To Top