Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Mengoptimalkan Kecepatan Internet Pada Laptop Atau PC

Tips Ciamik - Cara mengoptimalkan kecepatan Internet pada laptop atau PC
Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk yang termasuk kedalam kategori sepuluh besar di dunia di hitung dari jumlah penduduknya atau biasa kita mengetahuinya berada di urutan ke empat setelah amerika dan india, dengan jumlah tersebut tentu sangat menunjang kecepatan perkembangan setiap teknologi yang ada di indonesia termasuk pula internet.

kebutuhan internet di indonesia pun tidak dapat di pungkiri, tiap tahun semakin terus dan terus bertambah banyaknya pengguna internet sampai beberapa cara di lakukan untuk mendapatkan kepuasan dalam berselancar di internet termasuk kecepatan upload download dan jumlah konsumsi data yang di perlukan.

tapi yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana cara mengoptimalkan kecepatan koneksi internet bagi pengguna PC atau modem untuk laptop, yang jelas yang saya maksud di khususkan untuk internet rumahan bukan koneksi dari ponsel cerdas anda.

bagi anda yang dapat memasang sambungan internet menggunakan kabel telepon atau tersedia jaringan speedy di sekitar rumah anda pastilah sangat mudah, dengan membayar paket standar tiga ratus ribu rupiah tiap bulan, anda dapat menggunakan layanan unlimited tersebut dengan stabil.

tapi bagi anda yang belum tersedia modem kabel telepon atau mungkin semua slot kabel telepon di sekitar rumah anda sudah penuh terisi, jangan khawatir sebenarnya modem GSM pun juga tidak kalah stabilnya dengan kecepatan transfer data kabel telepon.

cuma ada beberapa tips yang harus anda terapkan dalam pemilihanya. berikut kami rangkum bagaimana cara mengoptimalkan koneksi internet :


1). Pilih modem : memilih modem sangatlah penting, bukan karena merek dagang atau brand  modem tersebut tapi dari spesifikasi modem tersebut yang sangat di perlukan. pilih lah modem yang mampu mendukung jaringan terbaru.

mungkin beberapa tahun lalu jaringan 3G adalah terbaik, namun sekarang kita tau bahwa 3G+ dengan kecepatan 3,7 atau yang umum kita ketahui HSDPA sudah ada, bahkan sudah ada provider yang menawarkan kecepatan jaringan 4G. tapi untuk jaringan tersebut belum ada di kota saya jadi HSDPA saja saya rasa sudah cukup.

#_upgrade software modem anda pada versi terbaru.

2). setelah memilih modem dengan spesifikasi jaringan yang cukup selanjutnya pilihlah provider layanan jaringan yang mendukung pula jaringan tersebut. 
semisal anda terlalu sayang dengan suatu provider tapi di tempat anda belum mendukung signal 3G atau HSDPA maka beralihlah ke provider yang mendukung sinyal tersebut, ini demi kepuasan anda dalam menikmati kecepatan layanan internet. 

caranya cobalah anda membeli satu persatu perdana dan cobalah pilih paket data internet harian saja yang tujuanya hanya untuk melihat kekuatan sinyal atau jaringan apa yang tersedia di sekitar tempat anda. atau mungkin dengan menyuruh teman anda yang menggunakan provider yang berbeda berada di tempat anda juga bisa.

3). jika di tempat anda sudah terdapat sinyal 3G atau HSDPA namun sinyal tersebut lemah dan kadang hilang, maka jangan khawatir anda dapat membeli kabel sambungan USB di toko alat komputer terdekat biasanya toko tersebut sudah menyediakan dengan berbagai ukuran, saya juga belum terlalu paham apakah makin panjang kabel yang kita gunakan akan mempengaruhi transfer data dari modem ke PC kita.

namun jika benar-benar koneksi jaringan di tempat anda lemah saya sarankan anda membeli tiga roll kabel sambungan USB dengan ukuran masing-masing tiga meter jadi total panjang sembilan meter dan anda dapat menyesuaikannya jika dirasa tiga atau enam meter saja sudah cukup kuat untuk menambah tangkapan sinyal modem anda.

4). pemilihan paket data, tentu semakin mahal kita membayar maka semakin banyak pula jumlah paket data yang kita dapatkan dari provider, cuma saran saya gunakan lah paket data kuota / non unlimited.

karena dengan kuota provider akan lebih tetap menjaga kecepatan koneksi kita di banding unlimited. karena dari pengalaman saya saat menggunakan paket data unlimited di awal satu minggu pertama kecepatan memang cukup stabil, tetapi setelah mendekati akhir bulan bahkan sebelumnya kecepatan sangat terasa jika dikurangi.

dengan kuota, selain kecepatan yang tetap saya juga merasa bisa lebih hemat karena penggunaan inernet saya dapat dikontrol sesuai pemaikaian saya. tapi sekali lagi untuk masalah satu ini bebas terserah pada kebutuhan anda.

5). waktu berinternet, jika anda tidak sedang melakukan upload atau download data dalam ukuran yang cukup besar maka anda dapat menggunakan fasilitas internet sewaktu-waktu, namun jika anda ingin mendownload atau upload sebuah file yang berukuran besar pilihlah waktu yang tepat, jangan sampai terlanjur sudah berjalan setengah dari proses namun gagal karena jaringan / server down secara tiba-tiba.

jika saya biasanya akan melakukan download data yang cukup besar download film misalnya maka akan saya lakukan pada dini hari, jadi bikin alarm jam 01.00 malam dan mulai melakukan aktifitas download. tentu saja server jaringan lebih kuat karena lebih berkrang orang yang menggunakan internet di jam jam tersebut.

demikian tips Cara mengoptimalkan kecepatan koneksi Internet yang dapat kami bagikan, silahkan menambahkan di komentar jika anda mempunyai pendapat lain, dan silahkan tinggalkan tautan .^_^.

Tag : Teknologi
0 Komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Kecepatan Internet Pada Laptop Atau PC"

Back To Top