Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Memahami Introvet


Jika anda adalah seorang extrovert pastinya anda akan merasa kesulitan jika harus bekerja sama atau berteman dengan seorang introvert. Sifat introvert yang cenderung pemalu, pendiam, sangat lemah lembut dalam bicara bahkan tidak sedikit yang sangat sensitif  membuat anda merasa kesulitan dalam hal memahami dan mengerti apa isi hati dan kemauan teman anda tersebut.
Namun sekarang anda tidak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara memahami introvert :


1.     Hormati kebutuhan dan keinginan mereka sebagai privasi
 
Seorang Introvert merasa tidak nyaman jika sesuatu yang mereka inginkan atau butuhkan diketahui oleh orang lain. Seorang introvert hanya akan memberitahu kebutuhan dan keinginannya kepada orang tertentu yang benar-benar ia percaya. Jika anda merupakan orang terpercaya tersebut hormati privasinya dengan tidak memberitahukan hal tersebut kepada orang lain. Bantu wujudkan kebutuhan dan keinginannya tersebut secara diam-diam tanpa orang lain tahu. Namun jika anda mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka tanpa disengaja lebih baik anda diam. Anda cukup tahu dan jangan ikut campur.



2.     Jangan mempermalukan mereka didepan umum
 
Sejatinya orang introvert memiliki sifat pemalu. Lebih tepatnya kurang percaya diri. Seperti Dr. Seuss pengarang cerita anak-anak yang populer dengan buku yang berjudul “The Cat in The Hat”.
Ia malu dan takut jika harus bertemu dengan anak-anak yang menggemari buku ceritanya dengan alasan takut akan respon yang kurang baik. Seorang introvert tidak nyaman jika harus berhadapan dengan umum. Jika mereka mempunyai suatu kesalahan anda cukup menegurnya secara pribadi. Hal itu saja sudah membuat dirinya terhentak. Anda tidak perlu mempermalukannya didepan umum karena hal tersebut bisa berakibat fatal bagi psikisnya. Mereka akan lebih menutup diri kepada siapapun, tidak akan mempercayai siapapun bahkan ia akan mengurung diri dikamar sepanjang waktu karena rasa kesal dan malu yang luar biasa yang telah anda perbuat.



3.     Ajak mereka untuk mengamati situasi terlebih dahulu
 
Jika dalam suatu kantor atau kelas anda terdapat teman baru yang memiliki sifat introvert. Sebaiknya beri mereka waktu dan kesempatan untuk mengamati dan mengenal situasi baru terlebih dahulu sebelum menganjurkannya untuk berinteraksi dengan teman yang lain.



4.     Beri mereka waktu untuk berfikir
 
Apabila anda dalam situasi sedang memberikan suatu pertanyaan atau pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan dan karakter mereka, beri mereka waktu beberapa saat untuk berfikir. Jangan meminta untuk menjawabnya seketika. Karena pada saat itu mereka belum memahami apa yang sedang ia hadapi. Sering kali mereka salah mengambil tindakan jika harus dihadapkan dengan hal tersebut.



5.     Jangan menyela
 
Seorang Introvert dalam suatu percakapan, ia cenderung menjadi seorang pendengar. Mereka jarang mendominasi suatu percakapan. Jika dalam suatu percakapan mereka berbicara, jangan sesekali anda mencela pembicaraannya. Mereka tidak nyaman jika anda memotong pembicaraannya. Perasaan yang sangat sensitif akan membuat ia berfikir bahwa anda tidak menghargainya. Mereka tidak akan banyak bicara, untuk itu dengarkan sejenak saat mereka berbicara.



6.     Ajari mereka keahlian baru secara privat
 
Dalam suatu ruang kelas, seorang murid extrovert lebih aktif  pada saat proses belajar mengajar. Sedangkan murid introvert cenderung pasif. Hal penting yang harus diketahui oleh seorang guru ialah, murid introvert bukannya pasif, hanya saja mereka lebih nyaman bila belajar sendiri. Mereka lebih cepat memahami suatu pelajaran dan keterampilan baru bila diajarkan secara privat. Hal ini disebabkan sifat tertutup dan kurang percaya diri yang ia miliki.



7.      Ijinkan mereka menemukan satu teman terbaik
 
Dalam suatu kelompok, seorang introvert hanya akan memilih satu orang yang dijadikannya sebagai teman terbaik. Orang introvert lebih suka berteman dengan seorang teman yang benar-benar memahaminya, yang sejalan dengan dirinya, serta yang memiliki hobi dan ketertarikan yang sama. Orang tersebut akan dijadikan rujukan apabila dunia menjauhinya. Jika anda tidak dipilih sebagai teman terbaiknya , anda tidak usah berfikir bahwa ia tidak menyukai anda. Ia tidak akan membenci dan menjauhi anda. Namun jika anda terpilih sebagai teman terbaik,  jangan sampai anda mengecewakannya.



8.      Jangan mengubahnya menjadi ekstrovert
 
Dan hal terakhir dalam memahami introvert adalah dengan tidak mengubahnya menjadi extrovert. Anggapan bahwa orang extrovert lebih menyenangkan dalam berinteraksi itu memang benar. Namun jika anda mempunyai teman seorang introvert, biarkan ia menjadi dirinya sendiri.  Jika suatu saat anda kesal dengan sikap introvertnya, jangan sesekali menuntutnya untuk menjadi extrovert sesuai kehendak anda. Ia punya cara dan pandangan hidup tersendiri. Dan jika anda berada di situasi seperti ini, sikap toleransi, saling mengerti serta memahami, merupakan hal yang paling tepat dalam bersikap.
Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "Cara Memahami Introvet"

Back To Top