Rahasia dibalik ribuan Tips

7 Cara Menjadi Pendengar Yang Baik

Tips Ciamik - 7 Cara Menjadi Pendengar Yang Baik
menjadi sosok yang mampu berperan sebagai pendengar yang baik memang disukai oleh banyak orang, karena sosok ini merupakan tergolong sebagai orang yang sangat menghargai orang lain. dan seakan semua manusia memang sangat butuh untuk di hargai.

menjadi pendengar yang baik bukanlah keahlian yang hanya dimiliki oleh introvert, atau bukan pula kepribadian yang hanya dimiliki mereka para pleghmatis, namun semua orang bisa menjadi sosok pendengar yang baik, walau terkadang ada pula yang mengatakan bahwa hal itu cukup sulit, terutama bagi mereka yang menjadikan kebiasaan berbicara sebagai sarana untuk mengekspresikan diri.


menjadi sosok pendengar yang baik memang ampuh dalam menambah banyak teman, menjalin kepercayaan, dan juga suatu kebanggaan atas kepuasan diri karena menjadi mahkluk tuhan yang dipercaya oleh banyak orang.

coba anda fahami tujuh poin berikut untuk menjadi seorang pendengar yang baik.


  1. Poin pertama dan paling Umum (jangan memotong pembicaraan)
    memotong pembicraan juga dianggap sebagai bentuk tidak menghargai orang lain. saat anda dalam kondisi yang sudah tidak sabar karena bosan mendengarkan cerita teman anda yang panjang lebar dan mungkin tidak penting menurut anda, cobalah untuk tetap bersabar  dan tetap mendengarkan walau hanya sejenak, walau hanya sebagai bentuk menghargai.

    bayangkan jika anda di posisi teman anda tentu anda juga akan berfikir bahwa hal yang anda ceritakan sama pentingnya dengan hal yang anda dengarkan sekarang.
    jadi tetaplah tenang, dengarkan, dan baru mulailah berbicaralah menanggapi saat teman anda telah selesai berbicara.
  2. Pilih Tempat
    ketika seorang teman ingin bertemu dengan anda karena ada satu masalah pribadi yang ingin untuk dibicarakan. atau mungkin hanya sekedar bercerita atau mungkin juga untuk dimintai suatu solusi dari masalahnya. maka ajaklah teman anda untuk berjanjian bertemu di tempat yang nyaman sebagai tempat untuk bercerita, bebas dari gangguan (terutama keramaian).

    posisi badan yang nyaman tempat yang tenang dapat memberikan energi bagi anda serta dapat lebih mempertajam indra pendengaran dan konsentrasi anda. sehingga anda juga akan lebih fokus jika setiap saat dimintai tannggapan terhadap masalah yang sedang dibicarakan teman anda.
  3. Bijaklah Saat Memberi Tanggapan.
    apabila anda merasa terganggu saat mendengarkan cerita dari teman anda. berusahalah untuk tetap menahan diri untuk jangan terburu-buru memberikan tanggapan sebelum teman anda selesai mengutarakanya.

    jika anda mencoba menghakiminya sebelum teman anda selesai berbicara karena perasaan ketidaknyamanan anda itu, tentu hal tersebut akan semakin memperparah keadaan.
  4. Gunakan Bahasa Tubuh.
    bahasa tubuh sangatlah penting bukan hanya digunakan dalam mendukung untuk meyakinkan setiap orang yang mendengarkan saat kita berorasi. tetapi dalam keadaan posisi kita menjadi seorang pendengar bahasa tubuh juga sangat di perlukan. terutama untuk menunjukan ekspresi bahwa anda tertarik dengan cerita teman anda dan mencoba menjadi pendengar yang baik.
    Sedikit mencondongkan tubuh kedepan menunjukan kamu serius dan tertarik dengan pembicaraanya.
    Dengan pergerakan kontak mata yang tepat menunjukan ketulusan anda dalam mendengarkan.
    Tidak menyilangkan tangan diatas dada, berarti anda mencoba menghargainya.
    Tetap bersikap santai dan murah senyum.
  5. Sedikit Respon di Tengah Pembicaraan
    saat teman anda sedang bercerita berikanlah sedikit respon seperti "iyaa", "hu uhh","he emm" atau sedikit beberapa kali menganggukan kepala. ini akan menunjukan bahwa anda memahami keadaan teman anda dan sedang berada pada jalan ceritanya.

    dan juga sedikit berikan tanggapan singkat seperti pertanyaan misalnya "dan bagaimana perasaanmu?" atau "apa yang selanjutnya akan terjadi?"
  6. Saat Anda Harus Diam
    saat temanmu bercerita dengan penuh kesedihan yang membuat dia menangis, sampai cegukan ketika sedang berbicara, kemudian tetap mencoba bicara lagi dengan mengambil tisu dan minum air.

    berikan bahu / pundak anda kepadanya atau mungkin sedikit mengusap bahunya dan berbisik "ssshhh" begitu saja sudah cukup untuk dapat menenangkanya. anda harus memahami situasi mungkin saat itu teman anda hanya butuh di dengar dan kehadiran anda untuk menenangkanya.
  7. Hindari Mengatakan Ini
    satu hal yang beberapa kali kita dengar dan merupakan kesalahan saat sedang mencoba membicarakan masalah kita kepada orang lain adalah "masalahku lebih berat darimu".
    saat anda mendengar hal itu dari orang yang anda percayai sebagai pendengar, bagaimana perasaan anda ??? bukankah anda kecewa karena merasa diremehkan.

    maka dari itu jangan pernah mengatakan hal itu dengan membandingkan masalah yang sedang dialami teman anda dengan pengalaman pribadi anda.

    anda boleh memberikan solusi dengan pengalaman-pengalaman pribadi anda namun tetap harus anda ingat gunakanlah kata-kata yang baik dan penuh menghargai. karena ketika teman anda datang kepada anda alasan utamanya adalah mereka merasa bahwa kehadiran anda sangat dibutuhkan untuknya.

Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "7 Cara Menjadi Pendengar Yang Baik"

Back To Top