Rahasia dibalik ribuan Tips

Flashback Beberapa Permainan Masa Kecil



Tips Ciamik - Flashback Beberapa Permainan Masa Kecil Jangan bohong kalau kalian tidak pernah memainkan salah satu dari permainan-permainan ini, tentu saat kita masih kecil terutama bagi kita yang hidup dan di lahirkan di kampung / desa tercinta, pasti pernah memainkan permainan ini.

dan ingatlah betapa gembiranya kita dulu saat bisa setiap sore dengan teman-teman yang sekarang tidak tau ada dimana bersama-sama memainkan permainan ini.

masih ingatkah kalian dengan permainan-permainan ini ???

1. Neker / Kelereng
Permainan yang berasal dari Jawa khususnya jogjakarta ini adalah permainan yang sering di mainkan oleh anak laki-laki di masa kecil, bukan cuma laki-laki tapi terkadang perempuan pun juga ikut andil dalam memainkan.



dengan menggunakan kelereng dan membuat satu lubang di tanah yang telah di ratakan dengan padat, permainan ini mempunyai tujuan mengumpulkan skor dengan adu kemahiran dalam menghantamkan ke klereng lawan dan memasukkan klereng sendiri ke lubang. bisa individu (singgle) ataupun permainan team. team dengan skor terbanyak dia akan menang dan sebagai hukuman team yang kalah akan berusaha memasukkan kelereng ke lubang dari jarak yang di tentukan, team yang menang akan menjaga lubang tersebut.

2. Delikan / petak umpet

masih dari jawa  jogjakarta, delikan merupakan permainan masa kecil yang hampir di mainkan oleh setiap anak yang ada di provinsi jawa.



permainan ini di mainkan oleh minimal tiga orang. sebelumnya para pemain akan mengadu keberungtungan dengan hom-pimpah dan sesuai kesepakatan yang kalah akan menjaga di satu tiang atau pohon dan yang lain akan bersembunyi dalam waktu hitungan yang di tentukan. tujuanya adalah anak yang menjaga tiang harus mencari anak yang bersemunyi, dan mereka yang bersembunyi akan berusaha secara bersembunyi-sembunyi mendekati tiang dan menyentuh tiang dengan mengucapkan "poong" dengan keras, apabila semua anak bisa menyentuh tiang maka penjaga dianggap kalah dan permainan di ulangi, namun apabila penjaga mampu mendapati salah satu anak dan penjaga mampu lari lebih dulu ke arah tiang maka perundingan dengan cara penghitungan dengan mata tertutup akan di lakukan.

3. ingkling di sumatra terkenal dengan piccek baju.

ingklling merupakan permainan yang berasal dari jawa tengah, sekelompok anak akan melempar gacuk secara bergantian dan mereka akan melompat pada kotak-kotak yang telah dibuat dengan satu kaki tidak boleh menyentuh tanah.



tujuanya adalah paling banyak menguasai kotak yang telah dibuat dengan istilah membangun sawah atau rumah pada kotak tersebut.

4. Lompat tali

lompat tali yang biasa kita mainkan sejak kecil sebenarnya permainan tradisional ini berasal dari sulawesi.



dengan menggunakan karet yang dirajut disatukan dan membentuk tali yang cukup panjang banyak permainan yang bisa dimainkan dengan tali ini.

5. Gala Hambek (sumatera)

permainan ini dimainkan oleh dua kelompok dan satu kelompok terdiri dari tiga orang, permainan ini dimainkan dengan membuat semacam garis garis ditanah dan beradu kekuatan antara kedua team tersebut.



6. Iye Iye

permainan lompat gelang karet yang terkenal di sumatra ini menggunakan peralatan utama gelang karet, biasanya permainan ini dimainkan oleh anak perempuan tapi tidak jarang anak laki-laki juga ikut memainkan dengan ingin membuktikan adu ketangkasan diantaranya.



7. Sepak Sawut

Permainan yang cukup ekstream ini berasal dari pulau kalimantan, dengan namanya sepak sawut berarti hal ini hampir mirip dengan permainan sepak bola, memang benar tapi ada yang berbeda disini.



permainan yang diisi oleh lima orang per-team ini bertujuan memasukan bola ke gawang lawan, sama halnya dengan sepak bola. namun hal yang berbeda bola tersebut adalah bola api yang membara terbuat dari kelapa yang di rendam di minyak tanah.

sungguh menarik bukan.

8. Meong - Meongan

permainan yang satu ini berasal dari pulau bali tekhnis bermainnya dengan satu orang pemimpin yang sudah di tunjuk dan peserta memasuki barisan berbentuk lingkaran dan menyanyikan lagu meong-meongan.



kemudian pemilihan meong (kucing) dan bikul (tikus) pun dilakukan, insting utama kucing adalah mengejar tikus maka dalam permainan ini si meong pun juga mengejar si bikul dan tugas dari pemain-pemain lain adalah menghalang-halangi si meong dalam mengejar bikul dengan membentuk pagar bergandengan tangan.

9. Kayu malele atau Patok Lele

Kayu malele terbilang salah satu permainan anak yang berasal dari biak papua dan cukup berbahaya bagi yang belum mengetahui cara bermainya.
kayu malele ini biasanya dimainkan oleh beberapa kelompok dengan anggota kelompok tiga sampai lima orang.



10. Gobag Sodor

kita kembali lagi ke jogjakarta, permainan ini sampai sekarangpun masih sering dimainkan oleh anak-anak di jawa.
dengan aturan terdiri dari dua team yang tiap teamnya terdiri oleh tiga sampai lima orang, permainan ini biasanya dimainkan di lapangan yang telah di beri garis-garis sebelumnya.
tujuanya adalah menyeberangkan tiap anggota team ke garis terakhir team lawan. dan lawan akan menghadang nya.



permainan ini dilakukan secara bolak-balik dan team mana yang paling banyak mampu menyeberang dia lah team yang menang.

itulah sepuluh permainan masa kecil dari berbagai daerah di indonesia yang populer dimainkan. adakah salah satu yang pernah bahkan sering anda mainkan pada waktu kecil ??




Tag : Informasi
0 Komentar untuk "Flashback Beberapa Permainan Masa Kecil"

Back To Top