Rahasia dibalik ribuan Tips

Sejarah Kamera Digital

Nahh Tips Ciamik kali ini akan menyambung dari artikel sebelumnya Mengenal Perbedaan Antara Fotografi Digital Dan Manual. 

Sekarang yang akan Tips Ciamik kupas adalah tentang Sejarah Kamera Digital , yaaa biar tambah pengatuhan juga tentang dunia fotografi jadi gak cuman bisa jepret doang tapi juga tau sejarah kamera yang kita pake hehehehe . . .

Steven Sasson seorang teknisi di perusahaan Kodak lah yang pertama kali menemukannya

(yaa walaupun yang dia temukan baru ngetrend pas masuk abad 21) di bulan Desember 1975.

Kamera yang menggunakan Steven Sasson ini menggunakan sensor CCD (Charge Couple Device)

dimana si CCD ini bisa mengubah apa yang kita lihat lewat lensa kamera menjadi sebuah file digital.

Secara sederhana CCD ini merekam cahaya yang selanjutnya cahaya itu dirubah menjadi angka-angka yang ditransformasikan dan dibaca oleh komputer menjadi gambar.
Karena dengan CCD hanya mampu menghasilkan foto hitam putih dengan resolusi 320 X 240 pixel yang menggunakan kaset tape sebagai media penyimpanan, nahh sedangkan untuk melihat hasilnya kamera harus disambungkan ke televisi.

Dan fakta yang mngejutkan adalah berat kamera ini sekitar 3,6 kg (seberat bayi baru lahir normal) dan dengan kurun waktu tak kurang dari 23 detik untuk memprooses 1 foto (giilaaa waktu segitu sihh cukup untuk bikin milky way pas tengah malem).

Kamera digital pertama yang merekam gambar sebagai file digital adalah Fuji DS-1P ditahun 1988, namu kamera ini hanya bisa merekam data hingga 16 MB (yaa kalo ditahun segituh ya udah lumayan). Nahh mulai tahun 1990an mulalilah para produsen kamera menjual kamera digital di pasaran, kamera yang dilepas dipasaran memliki resolusi 1,3 megapixel yang dibanderol sampai US$ 13.000.
Dan akhirnya (jeng jeng jeeennnggggg) Nikon melakukan gebrakan besar dengan mengeluarkan Nikon D1 kamera digital 2.74 megapixel yang merupakkan kamera SLR digital pertama yang dikembangkan perusahaan besar dengan harga US$ 6.000,

kejutan yang muncul dari kamera ini adalah menggunakan lensa Nikon seri F jadi fotografer yang memiliki kamera film bisa menggunakan lensa yang mereka miliki.


0 Komentar untuk "Sejarah Kamera Digital"

Back To Top