Rahasia dibalik ribuan Tips

7 Cara Terbaik Merawat dan Membersihkan Telinga

7 Cara Terbaik Merawat dan Membersihkan Telinga - Tioa Ciamik
ternyata untuk kesehatan ada tata cara terbaik untuk membersihkan kotoran di dalam telinga. salah satu organ vital ini harus selalu kita jaga dan kita rawat kebersihanya. beberapa hal yang bisa menyebabkan pendengaran kita menurun atau tidak berfungsi dengan baik adalah kotoran yang terdapat di dalam telinga, dan sampai saat ini masih ada banyak orang yang kurang mengenal cara paling baik membersihkan telinga.



berikut kami rangkum 7 Cara Terbaik Merawat dan Membersihkan Telinga

1. Masukan beberapa tetes air ke dalam telinga
salah satu cara membersihkan telinga yang satu ini bisa kamu lakukan ketika sedang mandi, yaitu dengan memasukan tetesan air kedalam telinga, kemudian sedikit korek-korek dengan jari kamu yang bersih. setelah itu untuk mengeluarkan air dan kotoranya di dalamnya miringkan kepala ke arah lainya. namun yang perlu kamu perhatikan adalah air yang kamu gunakan adalah air yang hangat. jangan menggunakan air dingin atau air panas, itu bisa menyebabkan vertigo.

2. Menggunakan Baby Oil
salah satu manfaat dari baby oil yaitu dapat kita gunakan untuk membersihkan telinga di bagian luar. caranya sediakan baby oil dan kain halus, teteskan baby oil di atas kain kemudian gunakan untuk membersihkan telinga di bagian luar di daun telinga. selain kegunaanya membersiihkan telinga bagian luar baby oil juga dapat digunakan sebagai pengganti obat tetes telinga. yaitu cukup berikan beberapa tetes baby oil kedalam telinga sebelum tidur dan segera bersihkan ketika bangun.

3. Cutton Buds
Tahukah anda suatu kebiasaan yang salah kaprah yang dilakukan hampir oleh setiap orang. yaitu penggunaan alat pembersih telinga Cutton Buds, kenapa saya katakan demikian karena sebenarnya cutton buds di desain untuk membersihkan telinga bagian luar saja (daun telinga). karena jika di fungsikan untuk membersihkan telinga bagian dalam di takutkan kotoran justru semakin terdorong masuk kedalam. jadi setelah kamu mengetahui ini pergunakanlah cutton buds hanya untuk membersihkan telinga bagian luar.

4. Earwax Removal
ketika kamu merasa kotoran di dalam telinga kamu telah mengeras karena kamu lupa sudah berapa lama telinga kamu tidak di bersihkan, gunakan earwax removal sebagai solusi untuk membersihkanya. alat ini ada dua type macam yang pertama berbentuk sebagai alat atau benda penghisap, dan juga ada yang berbentuk cairan. jika kamu menggunakan yang berbentuk benda untuk membersihkan telinga kamu maka gunakanlah dengan sangat hati-hati karena di takutkan justru malah dapat merusak telinga kamu di bagian dalam. atau saran saya gunakan yang cair saja untuk membersihkan kotoran didalam telinga yang sudah mengeras, cairan earwax removal dapat melunakan kotoran didalam telinga yang sudah mengeras agar mudah untuk di keluarkan.

5. Menggunakan Kapas
ketika kamu merasa telinga kamu gatal, gunakan kapas yang telah di rendam di dalam air hangat sebagai cara efektif untuk mengatasinya. cara penggunaanya setelah kapas di rendam di dalam air kemudian buat kepalan kecil-kecil dari kapas tersebut kemudian gunakan dengan memasukannya kedalam telinga dan bagian ujung tetap kamu pegang.
putar / pelintir secara terus menerus sampai kamu merasa telinga kamu sudah lebih bersih dan rasa gatal sudah hilang. namun ingat jangan memasukan kapas terlalu dalam.

6. Cutton buds Kail
ada juga cutton buds yang berbentuk kail, bisa juga kamu gunakan untuk membersihkan telinga ketika kamu merasa kotoran di dalamnya sudah mengeras. namun ingat jangan sekali-kali kamu menggunakan cutton buds / kail yang terbuat dari logam untuk membersihkan telinga, karena sangat berbahaya bisa menyebabkan infeksi dan iritasi jika sedikit saja tergores.

7. Memeriksakan Telinga Ke dokter THT
dan cara terakhir dan paling aman adalah dengan rutin membersihkan dan memeriksakan telinga ke dokter bagian THT. serahkan semuanya ke dokter THT biarkan mereka yang menanganinya. yang tentunya sudah ahli dan berpengalaman dalam membersihkan dan merawatnya yang juga sudah pasti sesuai prosedur yang benar.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "7 Cara Terbaik Merawat dan Membersihkan Telinga"

Back To Top