Rahasia dibalik ribuan Tips

7 hal Penting Yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Pendakian

7 hal Penting Yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Pendakian -
Apakah kamu hoby mendaki ??? atau kamu masih pemula dan ini adalah pengalaman pertama kamu hiking dengan teman-teman kamu.

menghabiskan liburan di tengah sibuknya jam kuliah dengan mendaki adalah ide yang sangat bagus. selain olahraga otot tetapi fikiran dan jiwa kamu juga akan lebih di segarkan dengan pemandangan dan kesejukan hawa yang asri dari pegunungan. yang tentunya akan menambah kebugaran tubuh kamu saat kembali beraktifitas.



di indonesia hampir di setiap pulau terdapat suatu kawasan pegunungan baik gunung aktif atau tidak aktif, dari yang biasa, tingginya rata-rata sampai yang tertinggi. hal itu tentu memungkinkan bagi masyarakat indonesia yang hoby dengan kegiatan pendakian mudah melakukan hiking.
dan berikut kami rangkum hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan pendakian :

1. Pelajari Gunung yang Akan Kamu Daki

Saat akan melakukan pendakian yang sebelumnya kalian telah menentukan pegunungan mana yang akan kamu taklukan, selanjutnya adalah mempelajari semua hal-hal yang menyangkut tentang gunung tersebut. khususnya yang berkaitan dengan pendakian. ingat ya tidak perlu sampai mempelajari sejarah, asal usul, terlebih kenalan dengan juru kuncinya .... ok !! :D

hal-hal yang berkaitan dengan pendakian diantaranya :

  • Lokasi dan letak gunung
  • Cara mengakses gunung, seperti transportasinya
  • Prakiraan cuaca di hari kamu melakukan pendakian
  • Medan yang akan kamu lalui saat pendakian atau track nya. (mudah, sulit, atau sangat sulit)
  • Patuhi aturan-aturan masyarakat lokal
  • Pendapat atau testimoni dari pendaki-pendaki lain 

bertukar pengalaman dengan pendaki lain yang telah melakukan pendakian di gunung yang kamu tuju akan sangat bermanfaat.

2. Persiapan Fisik dan Mental

Tetap dalam kondisi prima saat melakukan pendakian sangat di harapkan, terlebih dikarenakan waktu yang akan kita tempuh mungkin sampai berhari-hari untuk dapat kembali ke titik start, bawaan ransel yang se-gede gaban di tambah lagi emosi- emosi kecil teman yang terjadi akibat kelelahan juga akan memperburuk keadaan. apalagi kalau kondisi kita sendiri juga sedang tidak fit. untuk itu lakukan kegiatan rutin seperti push up, jogging, sit-up dan gerakan-gerakan peregangan lainnya lakukan secara rutin minimal tiga hari sebelum pendakian.

3. Memastikan teman-teman pendaki

Sangat berbahaya apabila kamu seorang pemula yang melakukan pendakian dengan satu team yang juga sama-sama pemula. untuk itu hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa teman-teman pendakian kamu adalah mereka yang telah memiliki track record yang baik, terutama dalam pemahaman mengenai hiking atau pendakian.

intinya dalam satu kelompok anda harus memastikan bahwa ada salah satu diantaranya yang pernah melakukan pendakian pada gunung tersebut. dan akan lebih baik apabila ada salah satu dari mereka yang sudah expert dalam dunia hiking.

4. Lengkapi peralatan dan kebutuhan pendakian

yang harus kamu lengkapi ketika akan melakukan pendakian antara lain :

  1. tas Ransel atau backpack
  2. Tenda lengkap dengan Matras
  3. Sleeping bag (kantong tidur)
  4. Sepatu boot
  5. 3 Stel Pakaian (Luar dalam)
  6. Lampu Senter
  7. Rain Cover
  8. Peralatan masak, (jangan lupa korek)
  9. multi function tool
  10. sarung tangan
  11. jaket tebal yang dapat membuat anda hangat dalam cuaca yang ekstream dingin
  12. Jam dan GPS

Jika anda melakukan pendakian secara berkelompok maka akan lebih mudah karena anda bisa melakukan pembagian kepada setiap anggota yang akan membawanya.

5. Stock Makanan

Jangan berfikir anda akan mudah mendapatkan makanan dengan banyaknya warung yang menjajakan makanan diatas gunung. hehe

Bawalah jenis makanan yang berserat dan mudah dibawa seperti roti, dan jangan lupa membawa beras asli (bukan beras sintetis) untuk dimasak diatas gunung. dan yang lebih penting lagi jangan lupa membawa air minum untuk kebutuhan kelompok selama pendakian.

6. Packing dengan baik dan benar

Jangan khawatir kalau kamu takut backpack kamu tidak akan muat dengan barang-barang bawaan kamu yang banyak. Susun dengan baik dan benar maka backpack kamu dapat dioptimalkan dan akan cukup muat terisi semua. mintalah senior kamu untuk mengajari cara packing yang benar.

7. Pelajari Etika-etika Pendakian

Setiap pendaki harus memahami tagline ini:

"take nothing but picture, leave nothing but footprint, 
and kill nothing but time"

Inti dari aturan tagline tersebut adalah :

  • Jangan ambil apapun dari gunung kecuali gambar.
  • Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki.
  • dan Jangan bunuh apapun kecuali waktu.

demikian sedikit tips bagi anda yang akan melakukan pendakian, silahkan berkomentar apabila bermanfaat atau mungkin bagi kalian teman-temanya Zafran sangat berkenan jika ingin menambahkan ...< ^_^ >... salah satu contoh bagi pemula untuk melakukan pendakian andalah gunung tambora. hehe

0 Komentar untuk "7 hal Penting Yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Pendakian"

Back To Top