Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Agar Tidak Nerveous dan Grogi Saat Berpidato di Depan Banyak Orang

Cara Agar Tidak Nerveous dan Grogi Saat berpidato atau ngomong di depan banyak orang
nerves dan grogi adalah hal yang wajar apabila baru pertama kalinya kamu di beri suatu kewajiban untuk menyampaikan suatu materi atau berpidato di depan publik. dan mungkin bagi teman-teman yang sudah terbiasa berorganisasi pun juga akan sedikit kaku bila menyampaikan gagasan di tempat yang berbeda yang lebih luas. di lingkungan kerja misalnya dengan anggota dan teman-teman baru.

berpidato di depan umum sangatlah penting apalagi jika kita adalah orang yang mempunyai jabatan dan posisi, mungkin awal awalnya akan terasa sulit dan akan sangat terlihat gugup namun percayalah bahwa semua biasa apabila sudah terbiasa.



dan berikut saya berikan tips agar tidak grogi saat berpidato di depan publik.

1. Kuasai Materi
ini hal yang paling penting, anda harus tau dimana dan dalam tema apa anda menyampaikan suatu pidato. dalam acara perpisahan, sambutan perwakilan kelas atau dalam rangka mempromokan diri untuk naik jabatan misalnya. apabila anda menjadi perwakilan untuk menyampaikan sedikit kata sambutan dalam event perpisahan ada baiknya anda persiapkan jauh-jauh hari, dengan tema perpisahan cobalah buat suatu naskah sambutan di ketik dan di print. baca berulang namun tidak perlu anda menghafalkannya tetapi cukup hafalkan setiap poin-poin dan alurnya saja kemudian improvisasi (kembangkan) saat hari H.

2. Kenali Audiens
kenali audiens yang menghadiri acara tersebut apakah mereka type orang-orang yang resmi yang tentu akan diam kelam saat mendengarkan sebuah sambutan, ataukah acara bebas yang kemungkinan tidak banyak orang yang akan memperhatikan anda saat memberikan sambutan. walaupun demikian anda harus tetap memberikan yang terbaik karena siapa tau ada dari mereka yang benar-benar memperhatikan setiap kata yang anda ucapkan.
dan jika dalam keadaan formal tentu anda tidak boleh salah dalam menyampaikan setiap kata, jadi setelah anda memperhatikan audiens kemudian kembali berfokuslah dengan materi pidato yang anda sampaikan.

3. sampaikan dengan jelas
sampaikan dengan jelas apa maksud dari materi yang anda sampaikan, jangan sampai kata-kata anda terlihat mengambang dan tak beraturan, karena itu akan membuat audiens merasa bingung dan tidak tertarik. dan apabila anda menyadarinya anda akan semakin nerves.
apabila anda diberi waktu mendadak dan tiba-tiba di tunjuk untuk memberikan sambutan, maka berikan kata-kata sederhana yang anda bisa. tentang tema yang sedang dilangsungkan. dan jangan lupa menambahkan ucapan-ucapan mendukung seperti "semoga dengan diadakanya acara ini dapat membantu.......... akan lebih baik.

4. interaksi dengan audiens
berinteraksi dengan audiens dapat membuat suasana menjadi lebih hidup selain itu juga dapat menghilangkan nerves yang anda resahkan. jika bukan suatu forum yang formal percayalah dengan sedikit candaan yang menghibur serta memberikan feedback interaksi seperti sapaan atau tanya jawab singkat akan membuat audiens menikmatinya dan anda pun akan merasa senang ketika melihat mata mereka yang dengan senyum mulai memperhatikan anda.

5. nikmati setiap kalimat yang anda ucapkan
apapun kalimat yang anda ucapkan anda harus menyukainya, bikin semenarik mungkin sesuai selera anda, jangan fikirkan ntah mereka yang mendengarkan akan menyukai atau tidak yang jelas atur kalimat sesuai bahasa anda yang akan membuat anda PD.

6. Postur Tubuh
ambil nafas dalam-dalam sebelum anda memulai dan jangan terlihat kaku saat anda memberikan sambutan, relax saja dan jangan lupa atur pandangan. lihatlah ke setiap kelompok bagian audiens yang ada di dalam ruangan secara bergantian dan berirama.

semoga pidato anda suksesssss.......................

Tag : Tips Jitu
4 Komentar untuk "Cara Agar Tidak Nerveous dan Grogi Saat Berpidato di Depan Banyak Orang"

Back To Top