Rahasia dibalik ribuan Tips

Pengertian Kesepian, Ciri, Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasinya

Ciri Kesepian, Pengertian, Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasinya
ketika hati kita beku, perasaan yang telah lelah, jiwa yang berada dalam keadaan jenuh semua itu menjadi satu kesatuan yang menyelimuti kita dalam sebuah perasaan yang dinamakan kesepian.
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, dimana mereka akan selalu membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya, kehadiran orang lain sangat dibutuhkan terutama saat mereka dalam kondisi seperti ini (kesepian).

I. Pngertian lain kesepian adalah dimana seseorang sedang terjatuh dalam kesendirian, kesunyian, kesedihan dan kehampaan. meski sebenarnya banyak orang yang ada di sekelilingnya, namun dia tidak bisa merasakan keberadaanya karena rasa kesendirian telah menguasai dan mendominasi jiwanya.



II. Ciri Orang yang tengah Kesepian

  • Rasa hampa selalu menyelimuti walau tanpa sebab yang jelas.
  • Terjatuh di lubang yang sama, atau sering berada pada suatu kesalahan yang dilakukan berulang-ulang.
  • Biasanya mereka sulit untuk berkonsentrasi, sulit menerima hal-hal suatu interaksi dari luar.
  • ketika anda sedang berbicara dengan mereka, mereka akan cenderung terlihat tidak fokus dengan topik yang sedang di perbincangkan.
  • Kesepian membuatnya depresi, dan
  • akan termenung berlama-lama.

III. Penyebab Kesepian


  • Penyesalan Berkepanjangan
    Jika dulu anda adalah orang yang sangat bahagia dan berbangga pada diri anda atas pencapaian yang telah anda peroleh. semisal karir yang bagus yang tengah berada pada puncak kejaya'anya atau bisnis usaha anda yang berkembang pesat sampai menembus pasar dunia. namun sekarang hari ini kenyataanya anda merasa diri anda adalah orang yang paling gagal karena suatu musibah telah melenyapkan semuanya dari kehidupan anda.
    Jangan anda terlalu dalam menyesali hal tersebut, tidak perlu anda terlalu lama berlarut larut dalam suatu tekanan penyesalan yang hanya terus menerus menyalahkan diri sendiri.
    Ingatlah, menyesal boleh tetapi jangan sampai terlewat batas terlebih sampai mengubah anda menjadi orang yang picik. tetaplah bijak dalam menghadapi setiap masalah yang ada kendalikan diri anda agar tidak larut dalam rasa kesepian yang berkepanjangan.
  • Harapan yang tidak terwujud
    Setiap orang tentu memiliki sebuah harapan dalam hidupnya, dan apa jadinya apabila harapan yang hampir saja kita raih namun gagal terwujd. semisal anda gagal menikah karena tertipu oleh pasangan yang anda kenal melalui facebook seperti sekarang yang marak terjadi, atau mungkin anda gagal tes terakhir dalam melamar pekerjaan yang anda cita-citakan setelah bertempur berjuang melewati rangkaian tahapan tes yang sangat sulit.
    segera bangkit dan lupakan itu semua, apabila anda terus menerus memikirkan harapan-harapan anda yang telah sirna, maka rasa kesepian akan semakin hangat menyelimuti anda. 
  • Terpaku pada kenangan Lama
    Ingatlah kawan yang namanya kenangan itu sebenarnya memang cukup untuk dikenang, tidak perlu anda berusaha untuk menghapus atau melupakanya. mungkin karena begitu indahnya untuk di kenang yang justru membuat anda menjadi semakin sakit sehingga anda berkeinginan untuk menghapusnya.
    bagi anda yang mungkin habis terkena musibah ditinggal pacar, istri, atau anggota keluarga. cukup jadikan orang yang spesial tersebut sebagai kenangan, sedangkan hidup harus terus berlanjut dan dijalani anda tidak boleh terus berada pada hari ini. hari anda terus berjalan namun fikiran anda masih terjebak pada tanggal ini. Bangun lah kawan, ingatlah hari esok anda harus memikirkan apa yang harus anda lakukan besok, lusa dan seterusnya.\

IV. Cara Mengatasi Rasa Kesepian

  1. Lakukan kegiatan secara nyata
    Matikan smartphone anda dan tutuplah laptop anda, berhentilah mencoba mencari hiburan di dunia maya atau dengan sosial media. carilah hiburan kegiatan yang nyata dengan melakukan aktifitas yang selama ini telah lama anda tinggalkan, kegiatan-kegiatan atau permainan konyol yang hampir anda lupakan.
  2. Berkunjung Kerumah teman
    anda harus menghindari keadaan yang membuat anda sendiri, jangan pernah menempatkan diri pada kesendirian. tinggalkan kamar anda yang menjenuhkan, rumah anda yang membosankan. datangi teman SMA anda dulu yang pandai ngelawak saat di kelas, teman yang lucu yang terkenal akan selera humornya yang tinggi, orang  yang pembawaanya ceria, pembawaan yang positif akan mempengaruhi anda.
  3. Mencoba Sedikit Berkorban Untuk Orang lain
    sisihkan sedikit rizki anda dan cobalah untuk sekali-kali mentraktir teman anda, dengan anda peduli dengan orang lain, maka orang lain pun juga akan memberikan feedback yang sama. mereka akan lebih care kepada anda terutama saat mengetahui masalah serius yang sedang anda hadapi.
    intinya bukan masalah mentraktir tetapi masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan untuk menunjukan bahwa anda juga peduli dengan mereka orang-orang di sekitar anda.
  4. Hindari Segala Hal yang tidak anda sukai
    Yang harus anda perhatikan adalah bagaimana untuk anda agar dapat menghindari hal-hal yang tidak anda sukai. karena sedikit cambukan yang mengkondisikan anda berada dalam keadaan yang tidak anda sukai, keadaan yang negatif akan memicu anda terjebak kembali dalam lembah kesepian.
  5. Wujudkan Impian - impian ringan anda
    ketika anda dulu mempunyai keinginan seperti touring ke daerah-daerah lain atau mungkin kegiatan seperti mendaki namun belum sempat terwujud maka wujudkanlah. ajak beberapa sahabat terbaik anda, beri mereka pengertian tentang tujuan anda melakukan kegiatan tersebut yang intinya untuk menghilangkan rasa kesepian yang mendera dalam diri anda. have fun dengan teman-teman akan memberikan kebahagiaan bagi anda.
Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "Pengertian Kesepian, Ciri, Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasinya"

Back To Top