Rahasia dibalik ribuan Tips

Penipuan Pacar Facebook

Tertipu Ratusan Juta Karena Pacar Dari Facebook Baru baru ini marak sekali penipuan berkedok menjalin suatu hubungan (pacar) melaui facebook. suatu teknologi tentu ditujukan untuk memberikan dan memudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya seperti yang kita kenal si biru raja sosial media ini. dengan facebook membantu kita mempermudah hubungan dengan saudara kita yang jauh, bertemu kembali dengan teman-teman lama kita, atau juga bertemu dengan teman-teman baru sesama pengguna facebook.

ternyata ada hal yang menjadi dampak negatif dari kecanggihan teknology ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan mengeruk banyak keuntungan dengan skandal memacari sang korban dengan menjanjikan sebuah pernikahan.



baru-baru ini team redaksi tips Ciamik mendapatkan email dari seorang teman sahabat kita yang bernama Alina (nama yang kita samarkan). dia ingin berbagi cerita yang tujuanya agar tidak ada lagi orang yang mengalami kejadian sama yang telah menimpa dirinya.

sangat sakit sekali ketika kita telah remuk secara materi dan terutama remuk masalah hati ujarnya. Alina adalah seorang TKW yang tengah bekerja selama hampir 10 tahun di negara Taipei, dalam jangka waktu yang cukup lama tersebut Alina telah mengumpulkan dollar taiwan nya yang telah dikurs kan ke rupiah. yang bisa untuk membangun rumah membiayai adiknya sampai kuliah dan juga menghidupi kedua orangtuanya yang sudah bukan dalam usia produktif untuk bekerja.

kini Alina telah menginjak usia yang ke 32 di tahun 2015 ini, namun musibah yang sangat besar menimpanya di awal bulan april lalu. bukan cuma rugi hati namun juga materi yang telah ia dengan susah payah kumpulkan.

Ceritanya Alina mulai mengenal facebook pada tahun 2011 silam tujuan utama selain untuk hiburan dan mudah berkomunikasi dengan adek dan keluarga yang ada dirumah, tetapi juga sebagai sarana bersilaturahmmi dengan teman-teman sekolah atau teman seangkatan lingkungan rumahnya dulu. 

singkat cerita ketika pertengahan tahun 2014 silam ada salah satu akun pengguna facebook dengan nick name Faridz yang juga kita samarkan telah meng-add nya sebagai teman. dengan profil foto yang di pajang berseragam tentara dan koleksi foto-foto album terlihat dengan teman-teman tentara lainya serta beberapa foto dengan keluarganya yang terlihat sangat ceria, tampan tentunya. Alina menerima permintaan pertemananya dan diketahui pria tersebut tengah baru saja menyelesaikan suatu pendidikan dan sedang dalam masa pengabdian. 

berasal dari kota bandung dan sekarang tinggal di Bima, Nusa tenggara begitu keterangan alamat di facebooknya. awalnya yang sekedar basa-basi Alina ngechat pria itu terlebih dahulu sekedar menanyakan siapa, dan apa sudah pernah kenal sebelumnya, yang fikirnya mungkin teman SMAnya dulu setelah dijawab panjang lebar bahwa dia teman baru, yang mungkin hanya kebetulan kenal di facebook. singkatnya mereka bertukar-tukaran beberapa ID Messengger seperti pin BBM dan Line ID mereka. 

Setelah sekian lama keduanya pun semakin dekat dan entah apa yang membuat Alina percaya sehingga menerima cinta pria itu walaupun pada kenyataanya mereka belum pernah bertemu.
telfon dan chat pun terus berlangsung beberapa bulan hingga keduanya sama-sama merasa benar-benar sayang, terlebih Alina dia sayaaang banget sama pria itu yang menurutnya selalu datang menghampiri di mimpinya. Saking sayangnya Apapun dilakukan untuk si pria itu dengan selalu mengikuti apa yang diperintahkan pria itu termasuk melakukan ph*ne s*ex.

setelah empat bulan berlangsung alina menginginkan untuk sekali saja melakukan video call dengan pacarnya itu, namun sang pacar tidak mau melakukanya dengan alasan dia menggunakan BB yang belum ada fitur 3G. Alina pun berusaha agar dia tetap bisa melakukan apa yang diinginkanya yaitu dengan mengiriminya ponsel Android terbaru, dengan senang hati faridz menerimanya. namun alasanya lagi ponsel yang Alina kirim itu ke alamatnya yang di bandung sedang faridz berada di NTB, padahal sebelumnya itu juga permintaan si faridz untuk mengirim ke bandung. 

faridz berjanji ketika dia mendapatkan cuty dan diberi kesempatan pulang akan segera menghubungi dengan ponsel yang telah alina berikan. yang cuty nya juga tidak akan lama lagi ia dapat yaitu di akhir 2014. tanpa rasa curiga Alina pun mengiyakan dan tidak menghiraukanya. semua masih berjalan dengan baik dan makin hari makin tambah rasa sayang Alina terhadap Faridz yang sering kali mengupload foto-foto keren dengan seragam-seragam tentara. 

setelah benar-benar yakin keduanya sepakat untuk melangsungkan pernikahan pada April 2015 ini, ketika faridz telah mendapatkan cuty dan Alina menyelesaikan kontrak kerjanya. Alina mengenalkan Faridz kepada kedua orangtuanya melalui telephon. dan sesekali menyuruh faridz untuk mengobrol dengan orangtuanya. dengan begitu alina dan juga orangtuanya pun sudah sangat yakin dan percaya. saat alina pulang ke tanah indonesia keluarganyapun segera menyambutnya dengan penuh bahagia karena dia akan segera menikah. semua terasa tepat karena cuty faridz di undur sampai bulan Mei ujarnya.

pertemuan pertamanya di KUA itulah harapan Alina, ketika telah menginjak bulan april yang berarti resepsi mereka akan segera diselenggarakan pada bulan Mei, faridz mengatakan kepada Alina bahwa ia ingin membeli mobil baru dengan tabungan yang telah ia kumpulkan. dia ingin datang melamar dan membawa Alina ke KUA dengan mobil baru. namun Faridz bilang uangnya masih belum cukup untuk dapat membelinya. tabunganya yang hanya 70juta tidak bisa untuk membeli mobil baru dan kemudian dia meminta kepada Alina untuk menambahinya. 

dengan pemikiran yang matang dan terbayang-bayang pertemuan pertama dengan suami tentara yang tampan, dengan mengendarai mobil baru tentu pasti akan sangat membahagiakan. Alina pun menyetujuinya dan mentransfer 130juta ke rekening yang bukan atas nama Faridz. kemudian hari berikutnya masih terlihat biasa, semua berjalan seperti biasanya. namun di hari selanjutnya hari kedua setelah Alina mentransfer uang tersebut faridz menjadi berubah. 

bbm yang centang, nomor tidak aktif dan kemudian betapa terkejutnya ketika Alina mengetahui telah tidak adanya akun facebook Faridz. Alina berfikir salah apa dia dan mencoba dengan membuat akun facebook baru kemudian mengetikan nama calon suaminya di kolom pencarian, yang fikiranya mungkin dia hanya sekedar memblokir Alina. namun hasil pencarian juga tidak ditemukan yang artinya telah di tutup akun facebook tersebut.

kacau dan menangis tiada henti ketika Alina menyadari bahwa dia adalah korban penipuan. hatinya yang telah ia kukuhkan kepada Faridz yang tinggal menunggu hitungan hari menuju kebahagiaan pernikahanya, kini telah kandas remuk sudah. uang yang dengan jerih payah ia kumpulkan tanpa mengenal letih lelah telah raib di gondolnya.

malu.. hanya malu dan sakit hati yang mendalam yang Alina rasakan, cibiran tetangga tentang pacar facebooknya, pacar virtual yang tidak pernah ada, yang menyuramkan masa depannya.

kini kasus alina berada dalam penanganan polisi beberpa bukti seperti alamat yang ada di bandung, alamat Alina sempat mengirim ponselnya telah di telusuri namun itu tak lain hanyalah kos biasa yang kumuh dan tidak terurus. pengelola kos juga bilang bahwa tidak ada penghuni yang bernama faridz, dan memang dia tidak mewajibkan untuk memberikan copy identitas bagi penghuni kosnya. kini polisi tengah menyelidiki nomor rekening yang dikirim ke salah satu cabang bank di tasikmalaya Jawa barat.

sambil menunggu informasi lebih lanjut dari kepolisian Alina berharap dia adalah korban penipuan terakhir dari sosial media dan untuk saat ini dia sangat depresi dan berusaha mencurahkan kegelisahanya dalam tulisan ini yang berharap tidak akan ada lagi orang yang mengalami nasib sama sepertinya.

demikian sedikit cerita sekaligus musibah yang menimpa Alina yang dapat kami bagikan, dan tentu dengan keinginan penulis sendiri kami dapat membagikan. mari kita berdo'a supaya polisi dapat segera berhasil menuntaskan kasus ini dan pelaku segera di adili.

bagi teman-teman yang sekarang sedang dekat atau mungkin juga sedang berpacaran dengan orang atau kenalan yang anda dapatkan dari facebook atau sosial media lain. dengan adanya pengalaman Alina ini maka anda lebih berhati-hatilah, apabila anda mulai curiga akan keaslian akun facebook pacar anda yang juga sering memberikan alasan tidak bisa menemui ketika anda berusaha mencari kebenaran. tips lainnya adalah mintalah pacar anda itu untuk memfoto KTP-nya dan mengirimkan kepada anda, normalnya itu bukanlah hal yang sulit terlebih untuk landasan kepercayaan pacar. apabila mereka bersedia dan semua data cocok antara Foto ktp dengan foto profil, serta alamat-alamat lain yang artinya dia tidak bohong tentang informasi publiknya maka mudah-mudahan pacar anda memang beneran nyata dan bukan penipu. namun apabila dia tidak mau melakukanya maka akhirilah hubungan anda denganya.

karena setelah ditelusuri Foto yang digunakan Faridz pacar alina dalam akun facebooknya ini juga bukan foto asli faridz, melainkan foto pengguna akun lain yang merupakan pemilik aslinya dengan nama yang berbeda.


0 Komentar untuk "Penipuan Pacar Facebook"

Back To Top