Rahasia dibalik ribuan Tips

Tips Berprestasi Bersaing dalam Kompetisi

Tips Berprestasi Bersaing dalam Kompetisi - Tips Ciamik
Mempunyai sejarah serta keinginan menjadi siswa atau mahasiswa berprestasi merupakan hal yang perlu di tanamakan kepada setiap muda mudi bangsa ini.
berprestasi selain mendapatkan kebanggaan secara pribadi, membanggakan keluarga, almamater secara kelompok, kedepanya dengan semakin banyaknya foto copy sertifikat kejuaraan prestasi saat melamar pekerjaan, juga akan menjadi pertimbangan sendiri bagi HRD untuk menyeleksi calon karyawan yang berkualitas.

dan sekarang lebih banyaknya kesadaran remaja akan pentingnya berprestasi yang tentunya menjadikan saingan lebih ketat dan selektif dalam penentuanya.



maka dari itu saya berikan tips untuk bersaing agar mendapatkan prestasi sesuai yang diharapkan, yang mudah-mudahan bukan hanya membawa pulang sertifikat "peserta", namun juga sebagai Juara.

dan berikut tipsnya yang biasa saya sampaikan secara poin list.

1. Infromasi
Yang pertama adalah informasi, berlaku bagi semua pelajar yang meninginkan prestasi maka harus mengetahui tentang informasi perlombaan yang akan di adakan dan diikuti.

banyak perlombaan-perlombaan yang biasa diadakan tahunan seperti peringatan ulang tahun yang diadakan universitas / SMA, ada juga dari kedinasan sekelas kota madya biasanya (pemkab).

ikuti setiap lomba baik itu, umum, khusus (tingkatan tertentu), atau perwakilan. jika kamu masih SMA update informasi ke guru BK tentang kompetisi yg segera diadakan, jika kamu tidak terpilih mewakili sekolahmu, jangan khawatir kamu tetap dapat mengikuti lomba dengan kategori individu dengan izin ke pihak sekolah bahwa kamu akan mengatas namakan sekolah untuk mengikuti kompetisi dengan biaya sendiri.

2. Media
selain mendapatkan informasi langsung, kamu juga dapat mengakses banyak informasi kompetisi melalui media seperti internet. forum-forum besar seperti kaskus juga sering mengadakan kompetisi kategori olahraga seperti futsal, selain itu kamu bisa masuk ke webiste resmi pemkab kotamu dan melihat jadwal kompetisi-kompetisi yang diadakan tahunan seperti kompetisi yang paling bergengsi dan sangat berprestasi yaitu pemilihan duta wisata (kategori umum).

3. Persiapan Kompetisi
setelah mendapatkan informasi dan telah menetapkan tanggal untuk mengikuti kompetisi, beberapa hal yang perlu kamu siapkan berikutnya adalah belajar,belajar,belajar dan belajar.
semangatmu harus sama ketika kamu menginginkan gelar jawara.

pelajari materi yang akan kamu ikut sertai, cara sederhana index setiap poin dan bait yang paling penting dalam satu catatan buku pribadi yang bisa kamu buka dan baca dengan mudah.
persiapan lainya jangan lupa seragam yang akan dikenakan, penampilan yang maksimal akan membuat kamu lebih Pede dari peserta lain.

jika itu kompetisi seperti pemilihan duta maka kerapian dan ketepatan waktu menjadi poin terpenting. maka dari itu jangan sampai kamu telat saat hari H.

"Jangan Lupa Sarapan Kondisi terbaik adalah tidak kelaparan saat berperang"

4. Saat Kompetisi
jangan Menunda segera konfirmasi nama pada daftar peserta yang telah di list oleh panitia. pastikan nama kamu ada serta kelengkapan administrasi semua terpenuhi, absen tanda tangan pada urutan pertama jika di perlukan.

Penting : 


  • Jangan sampai terkesan sombong dengan mengasingkan diri dari peserta lain, segeralah berbaur dengan peserta lain. jika anda tidak punya kenalan (sendiri) carilah peserta yang kelihatan juga datang sendiri karena lebih mudah untuk segera membangun komunikasi.
  • Selalu terlihat ceria dan aktif kepada setiap orang.
  • Berikan kesan yang baik pada panitia, beri mereka sapaan dan sedikit obrolan jika memungkinkan. tunjukan bahwa anda satu satunya peserta yang ramah dan berkualitas.
    (jangan sampai over ketika bertanya, dan jangan menanyakan hal yang tidak penting).
  • Jangan tertangkap sedang melamun (bengong).
5. Menghadapi soal kompetisi
apa pun ujian soalnya baik itu berupa tes tulis, wawancara, lomba lain seperti voly atau menyanyi yang penting dan perlu di perhatikan adalah :

  1. Tenang, berdo'a merupakan cara paling ampuh untuk mendapatkan ketenangan.
  2. Fokus berkonsentrasi, tidak memperdulikan Audiens, pengaruh penonton, dan aura peserta lain.
    apalagi jangan sampai waktu habis hanya gara-gara mengamati peserta lain.
  3. Maksimal, hari inilah anda berperang maka dari itu optimalkan usaha anda selama beberapa hari ini untuk dapat menyelesaikan tes ujian dengan baik.
  4. Untuk sementara agar ketiga poin diatas tercapai sugestikan dalam fikiran untuk tidak memikirkan hasil terlebih dahulu.
  5. Jika berupa tes tulis, segera acungkan tangan ketika soal telah selesai dikerjakan dan segera tinggalkan ruangan.

6. Terakhir
berdo'a dan terus berdoa setelah usai berperang, bersyukurlah ketika nama kamu tertera dalam pengumman kejuaraan. dan coba lagi jika tidak ada di dalamnya,
karena sangat mungkin pada tes berikutnya setelah mempunyai pengalaman sebelumnya pada kompetisi yang sama, kamu akan menjadi jawara berikutnya.

Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "Tips Berprestasi Bersaing dalam Kompetisi"

Back To Top