Rahasia dibalik ribuan Tips

5 Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga

5 Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga
Sebagai seorang muslim menjaga ukhuwah islamiyah sangatlah diwajibkan yaitu dengan habluminallah wa habluminannas. bersilaturahmi menjaga hubungan baik dengan tuhan (Allah) dan dengan sesama manusia.



manusia disini saya fokuskan pada tetangga kita, dimana mereka adalah orang yang ada sejak kita masih kecil, saat kita baru lahir. jasa mereka cukup besar yaitu orang pertama yang akan menolong kita, ketika kita sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan pertolongan.

ketika kita mempunyai hajat pernikahan, selamatan, sunatan atau sedang terkena musibah kematian, bencana kebakaran dan lain-lain maka sosok para tetangga inilah yang tak lepas dari peran serta yang akan membantu kita.

maka dari itu pentingnya menjaga hubungan baik dengan tetangga dan berikut kami rangkum Cara cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga.

1. Sopan
Tidak akan pernah ada ruginya apabila anda memiliki sikap ini, sikap umum yang semua orang bisa melakukanya yang sangat bermanfaat dimana saja. termasuk sopan dengan tetangga, dengan selalu bersikap sopan dan santun menghormati orang yang lebih tua dan menghargai kaum yang muda akan membuat kita selalu disukai oleh masyarakat. dan akan selalu diharapkan keberadaan kita.

2. Saling Tegur Sapa
dengan kesibukan anda di luar yang begitu memakan waktu sehingga tidak ada suatu kesempatan untuk bersilaturahmi dengan para tetangga. setidaknya masih ada satu hal kecil yang dapat anda lakukan dan setara dengan yang seharusnya.

yaitu dengan menyapa, hanya dengan memulai menyapa setiap tetangga ketika hendak berangkat atau pulang kerja mereka akan merasa senang dan menghargainya, mereka juga akan menyadari dengan baik-baik bahwa kesibukan anda tidak memungkinkan untuk dapat menjalin komunikasi dengan mereka pada umumnya.

jangan sampai dimata mereka anda dikenal sebagai orang yang sok dengan kesibukan anda, walau memang kenyataanya anda benar-benar sibuk.

3. Rendah Diri
Jangan pernah merasa paling pintar dan akhirnya sombong hanya karena anda adalah orang yang paling berpendidikan, kaya dan paling sukses dari tetangga-tetangga anda. orang yang mempunyai banyak relasi dan lebih mengenal dunia di luar sana. tetaplah rendah diri walau setinggi apapun kedudukan anda jangan membuat tetangga anda murka kepada anda. karena ingat kata pembuka artikel ini dimana ujungnya anda juga akan membutuhkan figur tetangga saat kondisi-kondisi tertentu karena merekalah orang yang posisinya paling dekat dengan anda dan yang akan membantu anda.

4. Ikuti Kegiatan Semampunya
Cara kita bersosialisasi dengan tetangga berikutnya adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan kita, seperti mujahadahan mingguan atau bulanan, yasinan, pengajian rutinan atau lainya seperti arisan. paling tidak 1-2 kali dalam setiap bulan anda harus mengikutinya. dan mewakilkan kepada anggota keluarga anda yang lain apabila anda terpaksa berhalangan hadir.

5. Moment Lebaran
dan cara yang terakhir adalah manfaatkan moment lebaran dengan baik untuk saling maaf memaafkan, ridho meridhoi dengan tetangga anda yang hidup satu rumpun.
jangan sampai moment setahun sekali ini anda lewatkan, jangan sampai pekerjaan lebih diutamakan daripada bersilaturahmi di hari yang fitrah ini.

Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "5 Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga"

Back To Top