Rahasia dibalik ribuan Tips

7 Hal Yang perlu di Cek Saat Melakukan Cod

7 Hal Yang perlu di Cek Saat Melakukan Cod - Tips Ciamik
Apa yang harus dilakukan saat melakukan COD ??? transaksi jual beli secara online bukanlah hal yang asing lagi, terlebih dengan adanya fitur grup dalam facebook yang tidak membatasi jumlah anggotanya membuat para admin grup berlomba-lomba memperbanyak jumlah anggotanya agar grup selalu ramai dan mampu bersaing dengan grup FJB lain. biasanya admin menamai grup dengan forum jual beli "........" sesuai kategory dan daerah masing-masing.

karena sudah di kategorikan daerah semisal Forum Jual Beli Hp Second Tangerang maka anggotanya tak lain juga adalah orang-orang dari kawasan tangerang tersebut dan ada juga dari sekitarnya. dan positifnya sehingga jalan yang dipilih antara penjual dan pembeli untuk memfinish kan transaksi mereka adalah dengan melakukan COD "Cash On Delivery" dimana keduanya menyepakati untuk bertemu disuatu tempat dan mengecek sepenuhnya atas barang yang akan di perjual-belikan. dengan adanya COD diharapkan kedua belah pihak mendapatkan kepuasan dan tiada penyesalan di kemudian hari.



dan berikut 7 tips saat melakukan COD "gadget khususnya":


  1. Cek Imei 
    Hal pertama dan paling penting yang harus anda lakukan adalah cek Imei, caranya anda minta penjual menscreenshot imei nya di *#06#, kemudian anda dapat mengeceknya di www.imei.info maka akan muncul informasi penuh atas imei tersebut : mulai dari type, merk, spesifikasi dan made in. anda bisa menyesuaikan informasi dari situ dengan informasi dari penjual, sama atau tidaknya. jangan lupa juga catet imei tadi kemudian cocok kan lagi saat di lokasi dengan Hp aslinya. takutnya jika penjual curang hp temenya yg di SS. kalau penjual tidak bersedia batalkan saja transaksinya, karena penjual jujur tentu akan berani melakukanya.

    hal ini di lakukan karena maraknya produk-produk supercopy di indonesia, produk supercopy yang tingkat plagiarismnya sudah tinggi bener-bener sulit di bedakan. contohnya selain system software yang 100% sama kita juga dikibulin dengan dalam mesin yang bertulis made in korea, padahal itu aslinya cina. jadi satu-satunya cara untuk mengecek ke-originalanya hanya dengan Imei.
  2. Cek Segel.
    saat di lokasi sebelum masuk ke menu hp ada baiknya yang anda harus lakukan ialah cek segel nya terlebih dahulu pastikan gadget masih tersegel belum pernah di bongkar, normalnya tiap segel salah satunya berada di atas baut hp yang jelas akan rusak apabila hp di bongkar. namun apabila tidak ada samsung contohnya, segel asli ada di balik batrey dengan ciri hologram bertulis "sein".

    lebih bagusnya begini misal anda akan membeli hp oppo r1001 bekas, maka cek di google search "segel asli oppo r1001" warna, bentuk, dan tulisanya. setelah anda mendapat gambaran dari google perhatikan saat di TKP, apakah sama atau tidak. jaga-jaga apabila segel tersebut bukan asli dari produknya. alias telah di bongkar dan di segel sendiri oleh counter.
  3. Cek System
    pastikan sebelum membeli gadget second anda juga harus tau terlebih dahulu spesifikasi gadget yang akan anda beli, minimal tau OS nya lah. apabila ponsel yang anda baca di google spek OS nya Jelly Bean, dan kenyataanya saat di lokasi KitKat, berarti hp sudah di upgrade system dan tentu mengalami masa root. yang artinya garansi sudah tidak berlaku. anda harus mengetahui hal-hal kecil semacam ini.

    catatan : jika anda membeli serie i-phone 4 keatas, jika tidak beli baru pastikan anda yang kedua, bukan ketiga dan seterusnya. bahayanya apabila iphone sudah ke lock i-cloudnya, maka tidak akan ada yang bisa membukanya, kecuali pemilik pertamanya. atau jangan khawatir apabila anda tidak tau pemilik keberapa nantinya. karena masih ada cara lain yaitu yang perlu anda pastikan ialah i-phone sudah benar-benar di reset dan i-cloud telah di non-aktifkan. jika keduanya belum, maka batalkan.
  4. Fisik
    kalau saya pribadi jujur fisik tentu menjadi pertimbangan, beberapa kali saya membatalkan transaksi dan memilih mengganti uang bensin kepada penjual yang menawarkan ke saya apabila gadget tidak semulus yang dia katakan sebelumnya. croome lecet (parah), layar lecet, btrey kembung, panel switch atau volume ada yang tidak berfungsi. anda harus benar-benar santai dan teliti mengeceknya.
    jika penjual punya gelagat misal mengatakan "mas saya harus buru-buru ada hajatan di rumah" padahal anda belum selesai mengeceknya dan belum merasa yakin, maka kembalikan saja, bisa jadi itu trik penjual nakal agar tidak ketahuan minus-minus daganganya.
  5. datang ke rumah
    Manfaat anda menyepakati untuk melakukan COD di salah satu rumah, misal di rumah penjual ialah anda dapat memastikan barang bener-bener bagus, karena apabila anda tidak puas dan ada ketidakjujuran penjual antara ucapan dan kenyataan berbeda anda bisa menuntutnya langsung ke rumahnya yang alamatnya sudah jelas.
    disisi lain anda juga bisa cek IC gadget tersebut dengan numpang nge-charge, yg sebenarnya ada solusi lain jika anda melakukan COD di jalanan yaitu membawa power bank saat COD.
  6. Pembatalan
    ini tips yang menurut saya juga paling penting, anda jangan sungkan-sungkan untuk membatalkan transaksi apabila ada sedikit saja dari diri anda yang merasa ragu dan tidak yakin.
    jika ada satu haaal keciiiil saja yang menjadi pertimbangan dan memberatkan anda untuk menyatakan deal. misal salah satu sim tidak berfungsi, sinyal kadang hilang, ada satu garis rambut hitam di layar, ada aplikasi root yang masih terinstall, kartu garansi tidak ada, imei di gadget dengan doosbuk berbeda, ada tanda segitiga peringatan saat proses booting, dan lain-lain.

    pokooknya jika ada satu hal saja kekurangan yang membebani anda maka batalkan transaksi, kita disini bener-bener cari aman jangan sampai pengen untung malah buntung karena asal-asalan dalam memilih gadget. daripada menyesal suatu hari karena gadget anda mati tak bisa diselamatkan lagi, mendingan yakinkan diri anda saja untuk membatalkan. lagian ini masih COD yang artinya belum sepenuhnya deal dan juga salah satu proses jual beli yang masih dan sah-sah saja untuk salah satu pihak melakukan pembatalan.
  7. Foto KTP
    foto ktp sangat penting, bukan foto copy tapi foto saja ktp nya. suruh penjual memfoto ktpnya sendiri dengan gadget anda, cukup bagian foto dan alamatnya dan minta untuk menutupi Nomor Ktp-nya apabila penjual takut akan ada kesalah gunaan.

    minta garansi minimal satu hari yang disepakati bersama, karena bisa saja gadget yang anda pegang saat dilokasi itu adalah dimana dalam masa-masa bersinarnya yang tak lain beberapa jam kemudian saat di charge,,,, "hank alias blank".

    garansi minimal satu hari agar anda benar-benar puas mengeceknya dirumah juga. jika terjadi kerusakan-kerusakan besar seperti hank, atau blank, mati total tanpa ada sebab yang anda lakukan maka kesepakatanya anda boleh mengembalikan.
    namun apabila kerusakan-kerusakanya kecil seperti speaker lirih, camera tidak berfungsi, atau lecet di bagian-bagian tertentu anda tidak wajib mengembalikan. karena seharusnya yang seperti itu anda sudah tahu saat di lokasi.

    itu lah pentingnya kenapa kita harus memfoto alamat ktp penjual, agar bisa dipertanggung jawabkan apabila terjadi semacam skandal penipuan yang direncanakan.


terimakasih telah membaca tips-tips dari Tips Ciamik, Semoga bermanfaat. selamat soree.....

1 Komentar untuk "7 Hal Yang perlu di Cek Saat Melakukan Cod"

Good job dude, thanks tipsnya 🍻

Back To Top