Rahasia dibalik ribuan Tips

Keunikan Budaya Jawa dan beberapa negara yang menggunakan bahasa jawa

Keunikan Budaya Jawa dan beberapa negara yang menggunakan bahasa jawa
Tahukah anda seberapa populer bahasa jawa dalam rancah internasional ??
sebagai warga negara indonesia kita harus bangga akan kepopuleran bahasa jawa ini bukan karena bahasa jawa milik suku jawa. akan tetapi bahasa jawa adalah milik indonesia yang berarti milik kita semua.

Saya membuat artikel ini semata hanya untuk mengapresiasikan rasa cinta dan bangga saya terhadap budaya jawa.
dan saya yakin akan ada juga nantinya budaya-budaya indonesia lain yang juga akan segera di kenal oleh masyarakat luar.



Berikut kami rangkum negara-negara yang menerima bahasa jawa untuk tetap dapat bersanding dengan bahasa nasionalnya.

1. Malaysia
Seperti saudara saya sendiri yang hijrah ke negeri jiran malaysia bersama dengan beberapa warga jawa lain yang sekarang kalau diperkirakan telah berada di urutan generasi ke-tiga. di malaysia Johor khususnya tempat saudara saya tinggal, sekitar 20% dari penduduk melayu ternyata di dominasi oleh suku jawa, disana pun bahasa jawa menjadi bahasa keseharian walau tak jarang ada yang melafalkan dengan sedikit campuran melayu. suku jawa di malaysia meski tetap menerapkan adat-adat budaya jawa dalam kehidupan keseharianya namun suku jawa sudah diakui dan dilindungi oleh undang-undang untuk menjadi warga negara malaysia dan dianggap sebagai suku melayu.

2. Singapura
Pada tahun 1963 negara ini telah merdeka dengan proses memisahkan diri dari negara induknya malaysia. seperti halnya malaysia banyak orang-orang dari suku jawa yang bermukim di negara ini, mereka datang sejak tahun 1830 an ketika orang jawa dipekerjakan sebagai buruh kontruksi bangunan, jalan, dan rel kereta.
setelah turun temurun keberadaan mereka tetap masih ada dan terus berkembang sampai sekarang. kallang airport, kampoeng jawa merupakan tempat dimana suku jawa tinggal dan bermukim. mereka telah resmi mengabdi kepada pemerintah singapura dan menjadi warga singapura untuk tetap hidup berdampingan dengan suku-suku lain, seperti suku tionghoa dan suku melayu.

3. Belanda
Siapa sangka 350 tahun menjajah dan menyebabkan banyak kerugian bagi indonesia. di sudut lain ketika masa itu berlangsung banyak sastrawan belanda yang gemar mengamati perilaku hidup, bahasa serta budaya suku jawa mungkin menurut mereka sangat menarik.
dan pada tahun 1575 Pengran Williem van oranje mendirikan sebuah universitas yang sekarang merupakan universitas tertua di belanda, dimana terdapat lebih dari 17 ribu mahasiswanya menimba ilmu tak lain tentang kebudayaan jawa mempelajari dan memahami bahasa jawa.

4. Australia
Berada di sekitar wilayah teritorial australia terdapat suatu kepulauan dimana mayoritas penduduknya didominasi oleh suku melayu. kepulauan Cocos, selain suku melayu terdapat pula etnis lain yang juga hidup berdampingan disana yaitu etnis jawa.
sejarahnya orang jawa yang berada di kepulauan ini tak lain adalah leluhur mereka yang sekitar abad ke-19 lalu mereka di datangkan oleh inggris langsung dari jawa untuk bekerja kepada mereka (kerja paksa). sampai sekarang sebagian masyarakat yang tinggal disini masih memegang teguh adat budaya jawa, bahkan dalam kehidupan sehari-hari bahasa jawa tetap menjadi salah satu bahasa yang mereka gunakan dalam berkomunikasi. mungkin dengan ini pemerintah australia pernah menjadikan gambar wayang sebagai logo perangko resmi dari negara australia.

5. Kaledonia
Kaledonia adalah tempat pengasingan bagi narapidana hukuman Perancis. sebagian besar merupakan pejabat yang terkena kasus-kasus politik.
Pada tahun 1894, Gubernur Perancis di Kaledonia Baru, Paul Feillet, mengganti para pekerja di kepulauan ini dengan tenaga kerja penjara imigran dari Asia, terutama dari Jepang, Jawa dan Vietnam, mereka datang untuk bekerja di tambang dan perkebunan.
Saat ini ada sekitar 7000 hingga 11.000 orang dengan keturunan dari berbagai etnis Indonesia tinggal di Kaledonia. dan uniknya orang Jawa di Kaledonia tetap menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari hingga sekarang.

6. Republika Suriname
Negara ini semula bernama Guyana Belanda yang terletak di Wilayah selatan dari benua Amerika. negara ini dulunya merupakan bekas jajahan belanda. dan ketika itu banyak masyarakat peribumi kita yang di paksa di bawa kesana untuk bekerja kepada mereka.
imigran masyarakat yang ada disana adalah mayoritas suku jawa yang setelah kemerdekaan di proklamirkan, banyak dari mereka yang enggan kembali ke negara ini dan memilih untuk menetap disana. dan hingga sekarang ini populasi masyarakat jawa di negara suriname terbilang cukup mendominasi.

7. Indonesia
dan negara terakhir yang tetap mengizinkan bahasa jawa untuk dapat hidup serta di lafalkan oleh masyarakatnya adalah Indonesia yang juga merupakan asal muasal dari bahasa dan kebudayaan jawa.
di indonesia kepopuleran bahasa jawa jauh lebih tinggi di banding bahasa nasionalnya sendiri yaitu bahasa indonesia, terbukti dalam suatu survei menunjukan bahwa indonesia penggunaan bahasa jawa lebih banyak ketimbang bahasa indonesia. yang tak lain dikarenakan indonesia lebih banyak dominasi oleh suku jawa yaitu 45% serta 55% nya terbagi atas puluhan hingga ratusan suku lain.

Tag : Informasi
6 Komentar untuk "Keunikan Budaya Jawa dan beberapa negara yang menggunakan bahasa jawa"

wah orang indonesia wajib baca ini artikel
agar pengetahuan tentang budaya tidak lupa, dan tahu apa saja budaya tersebut..
thanks ya gan
www.sulfian.tk

terimakasih juga gan, atas tambahanya. saya benar-benar berharap budaya indonesia akan segera menjadi budaya yang paling fenomenal di dunia. hehe,, bukan cuma suku jawa. tapi semua suku di indonesia.

Wah nice share gan, budaya Indonesia memang patut di lestarikan

benar sekali gan Izumi, terimakasih sudah mampir..

Meskipun saya bukan orang jawa, namun teman saya banyak yang jawa ..
jadi setidaknya saya banyak thu juga ttg jawa
hehehe
kunjungi blog saya gan http://www.illustrationdesigners.com/

terimakasih mas Ahmad, benar meskipun bukan orang jawa tapi kita tetap satu mas. satu Indonesia :D
ya itulah makna dari bhineka tunggal ika.

Back To Top