Rahasia dibalik ribuan Tips

Mengubah Tuas Gigi Mobil Matic dari P ke N

Mengubah Tuas Gigi Mobil Matic dari P ke N
baik sahabat kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Memposisikan Gigi Mobil Matic dari Parkir ke Netral, kenapa saya berniat membuat artikel mengenai ini . karena saya kemarin baru dapat cerita dari temen, bagaimana dia bisa mati gaya dan menjadi sejarah pengalamanya yang terburuk sepanjang hidupnya yang tak akan pernah bisa di lupakan jadi intinya dia tidak bisa mengubah posisi gigi dari P ke N di keramaian.

jadi begini ceritanya, temen saya namanya si All keren sih anaknya dari dulu dia juga update masalah gaya. SMP dulu yang lain masih pada dianterin sama emak bapaknya, dia udah berangkat bawa motor sendiri, yang lain motornya bebek dia udah motor laki yang koplingan sendiri.

nahh,, ketika dia SMA dia mulai penasaran tuh sama yang namanya mobil, sering cerita ke saya pngen ngendarain mobil, main, hangout bawa mobil bahkan ke sekolah bawa mobil. hehe mana ada sekolah di desa yang bawa mobil, bukan di kagumi yang ada di ketawain malah. ya apalah pasti di bilang sok lah,, namanya juga di desa.



pada suatu hari kebetulan si kakak kandung al ini adalah seorang wanita carrier yang sukses, bekerja dan menetap di daerah bogor jawa barat. saat itu kakak al sedang berkunjung kerumahnya, tentu mengunjungi orang tuanya.

si kakak minta tolong Al untuk membelikan nasi goreng favorit kakaknya ketika dia masih stay di rumah all dulu. sebenernya sih motor ada, dua malah. tapi karena si Al yang penasaran dengan namanya nyetir mobil, dia mohon-mohon sama kakaknya untuk di pinjami kunci mobilnya. di tanyai kakanya dek, apa kamu bisa nyetir? spontan Al jawab bisaa..bisa.. aku bisa nyetir, aku pernah nyetir (odong-odong maksudnya).

karena si kakak ini juga sayang sih sama si Al dan di fikiran kakak ini kan jalanan desa jadi ya gak papa gak terlalu bahaya lah, tentu kalau di jalanan perkotaan sang kakak langsung melarangnya.

all pun girang-gemirang karena ini baru pertama kalinya dia memegang kunci Honda Jazz silver serie RS dan akan segera mengemudikanya. si kakak hanya sedikit memperjelasnya tentang arti panel P, N, D, udah itu aja. kamu main 3 gigi ini aja gausah kemana-mana. okkeeyyy...siiaapp !!

dengan bringass dan miring-miring posisi mobil ke tengah dan ke arah pinggir bahu jalan, All memacu dengan keras. dalam hati ia berkataa waahhh enaknyaaaaa,,,, di tikungan depan nanti aku mau ngedrive.

sampai lah All di warng pak min si penjual nasi goreng pedas terlezat di daerahnya dengan selamat. dengan kalleeeemmm dan santaaaaiii All memarkirkan mobilnya di tanah becek yang sedikit sempit.
wehhhh... lee tak fikir tadi orang jakarta, la wong platnya B. "hehe.. keren kan pak min ??"

puuaaantesss lee kamu,, mbakmu lagi pulang ?? iya pak, pesen nasi goreng ya dua bungkuss.

si Al pun duduk menunggu antrian, makin lama warung pun semakin rame, dengan gayanya sambil memainkan kunci Jazz di tangan kiri, tangan kananya memegang smartphone edisi beken untuk pura-pura menelpon temenya. tujuanya sihh agar terlihat makin keren maksimaaaaalll kali yaa. all memang menunggu-nunggu moment seperti ini.

lee.. udah siapp,!!, 2 bungkus nasi goreng pun sudah siapp di angkut pulang. mumpung keadaan masih rame All segera meng-unlock mobilnya. suara mobil sempat mengejutkan beberapa pelanggan dan membuat mata mereka tertuju pada All, orang yang mengemudikanya. menjadi pusat perhatian All pun makin bersemangat, bergegaslah ia men start mesin mobilnya.

All pun masih tersenyum sombong, dan ternyata bibirnya yang melengkung keatas tak bertahan lama setelah dia menyadari akan kesulitanya menarik tuas dari posisi P ke N. dia tersenyum lagi karena baru sadar hand rem belum di angkatnya, hahh,,, gampang ujar All kemudian hand rem pun sudah di longgarkanya dan betapa terkejutnya tuas tak juga bisa di tarik, makin gemeter dia, raut muka mulai memerah, marah, takut dan yang jelass maluuuuu bangettt.. bener-bener nunjukin kalau orang desa yang baru pertama kali nyetir mobil.

di dalam cabin mobil pun dia terus mengumpat, semua hewan di kebun binatang di sebutnya belum puas dia menambah beberapa umpatan2 kotor ala ke jawa timuran. namun tidak ada yang mendengarnya, hanya terlihat dari luar sesosok manusia yang sedang emosi dan kebingungan nampak bergelut di dalam mobil.

All pun keluar, minta tolong bapak-bapak yang ada di sekitar lokasi.
pak ini caranya gimana pak, tuasnya gak mau di tarik, haduuuhhh ya aku apa tau mas, aku gak pernah pegang kayak gitu. emang matic itu sering nyantol mas (haaa ??? nyantoll?? sok tau ini bapak).

makin kebingunganlah si All dimana sebenarnya dia juga tidak punya pulsa buat nelfon kakaknya karena memang tadi dia cuma action2 aja pura-pura nelfon temenya. terbesit dalam fikiranya melihat sebuah sepeda motor terparkir di depanya. buk,, ini motor siapa boleh saya pinjam sebentar buat nganter ini nasi. tadi orangnya buru-buru mau pergi dan ini mobil saya mogok. "Alasan si All"

dibolehkan sama pemiliknya all pun bergegas tancap gas berharap segera ketemu kakaknya guna mendapatkan solusi atas deritanya. betapa terkejutnya ternyata sang kakak tidak ada dirumah, dia sedang keluar dengan ibunya ke rumah saudara-saudaranya.

all pun kembali ke lokasi, dia berdoa setulus hati berharap sebuah mukjizat datang menghampiri.
namun tetap saja tuas yang egois tidak mau diajak kompromi, dia pun makin gerogi dan bingung mana semakin banyak saja orang-orang yang berdiri di sekitar melihatnya.

dia pun keingat kata bapak tadi, "mungkin nyantol lee matic biasanya nyantol" dia berfikir mungkin kata bapak itu benar, langsung All keluar dan minta tolong beberapa orang untuk mendorong mobilnya berharap sesuatu yang nyantol dapat terbuka dan terlepas :D ... :3 ... :v

mobil pun di dorong-dorong dan hasilnyaaaaa....... tidak 1cm pun mobil bergeser. udah muntab si all marah dia,, semua pedal rem, gas di injak-injak sambil mengoyak-ngoyak tuas yang tak bersalah.

dan ternyata "ceklik"... tuas pindah posisi dari P ke N. haaa ???? All kaget, seketika tanpa peduli dan tidak sedikitpun ada rasa gembira dia langsung mengarahkanya ke D dan gas pun di tancap dengan muka penuh malu dan tanpa menghiraukan seorang pun di sekelilingnya. ngebutt banget dia tancap gas sampai rumah. dengan muka yang masih berkeringat kakaknya bertanya. lohhh kamu kenapa,, ini nasi goreng udah di rumah kok kamu baru datang, darimana ??? kamu habis main kemana bawa mobil kakak,?

All cuma diam sambil memonyongkan bibirnya menuju ke kamar, sambil berteriak. udah trauma aku bawa mobil, gak mau pakai mobil lagi. maluuuu seumur hiduuuuppp.

itulah cerita si All.....

Catatan :
bagi para pemula yang mempunyai nasib sama kayak si All, ini adalah tipsnya hal yang perlu di perhatikan untuk mengubah posisi tuas dari P ke N adalah dengan memperhatikan rem nya, setelah hand rem di non fungsikan. injak juga pedal rem terus kemudian baru tuas bisa di kendalikan sesuai fungsinya.

logikanya sama seperti motor matic saat di start. jadi rem perlu di tahan bebarengan saat menekan start. tujuanya ialah menjaga agar motor tidak meloncat terpacu atas ketidaksengajaan pemilik karena mengulir gas cukup dalam.

mobilpun juga begitu, semisal tidak dibergunakan fungsi rem dahulu sebelum menggerakan tuas mungkin kejadianya juga sama, saat dalam keadaan jalanan yang tidak rata atau sedikit menurun jika sebelumnya posisi tuas dalam keadaan P dan langsung kita rubah dengan mudah ke N begitu saja mungkin mobil akan berlaju menggelinding. itulah fungsinya kenapa rem harus tetap di tahan selagi kita mengubah halauan tuas dari P, N, ke D. cukup menjelaskan bukan :)

Tag : Informasi
0 Komentar untuk "Mengubah Tuas Gigi Mobil Matic dari P ke N"

Back To Top