Rahasia dibalik ribuan Tips

Tips Persiapan Menjelang Lebaran

Tips Persiapan Menjelang Lebaran - Tips Ciamik
lebaran idul fitri merupakan hari yang dinantikan setiap umat moeslim yang ada di dunia. moment yang biasanya kita habiskan untuk berkumpul dengan keluarga, saudara. moment yang fitrah untuk saling bermaaf-memaafkan.



H-3 merupakan awal kesibukan umat muslim untuk mempersiapkan diri menyambut lebaran, yang puncak kesibukanya ialah pada H-1.

apa saja yang dapat kita persiapkan menjelang hari lebaran, simak tips-tipsnya berikut.

1. Kesehatan Tubuh
hal pertama yang paling penting menurut saya adalah kesehatan tubuh kita, penyakit datang tidak dapat disangka tapi tidak ada salahnya jika kita berusaha memastikan agar di hari pertama lebaran setidaknya kita tidak sakit. agar dapat menjalankan sholat id dengan khusyu' dan baik.

2. Kebersihan dan kerapian
ini adalah moment dimana kita akan bertemu kerabat yang tidak sering kita jumpai, bahkan saya bertemu kerabat sanak saudara saya hanya 1 kali dalam setahun yaitu pas di moment ini.
yang saya inginkan adalah berpenampilan maksimal, kebersihan diri saya jaga. agar memberikan kesan yang baik pada setiap orang yang saya temua untuk berjabat tangan.
siapa tau dengan penampilan saya yang maksimal, dapat memikat salah satu hati muslimah yang saya jumpai. hehehe

3. Putih Lambang kesucian
mayoritas orang mewajibkan diri untuk membeli pakaian baru saat lebaran, nah ini saya manfaatkan untuk memperbanyak baju koko saya. karena baju koko saya sangat minim sedikit sekali di banding baju kerja atau baju harian saya.
saya memilih baju koko baru yang berwarna putih, karena selain saya suka warna putih juga bermakna kesucian.
untuk masalah baju saya tidak mewajibkan saya sendiri untuk membeli yang baru sebenarnya, akan tetapi wajib bagi saya datang kerumah allah pagi-pagi dengan pakaian yang serba putih hem panjang putih (koko), sarung, dan kopyah putih untuk melaksanakan sholat id menghadap sang illahi.

4. Kebersihan rumah
moment ini adalah moment yang sepenuhnya adalah keberkahan silaturahmi. tetangga, saudara, teman, murid dan lainya akan bersilaturahmi berkunjung ke rumah anda. wajib bagi kita sebagai tuan rumah menyambut dengan baik tamu-tamu kita.
yaitu dengan yang wajib sikap kita yang harus ramah dan santun, rumah kita tidak harus bagus, yang penting adalah bersih (wajib) dan rapi. serta sedikit jamuan makan untuk tamu kita yang jauh lengkap dengan aneka jajanan ala idul fitri.
saya biasanya dengan keluarga mulai membersihkan rumah H-2, waktu itu kita fokuskan untuk kebersihan rumah, dan anggota keluarga yang lain membuat jajanan yang mantaappp hanya ada satu tahun sekali hasil dapur sendiri.

5. terakhir
poin yang terakhir ini sangat membahagiakan bagi kaum anak-anak, yang merupakan hal dinantikan bagi anak-anak pada hari lebaran ialah angpau, dalam bahasa jawa sangu atau sedikit uang yang biasanya di berikan tuan rumah kepada anak-anak yang berkunjung ke rumahnya.
jika orang dewasa di hari yang fitrah berebut dosa (untuk saling maaf-maafan) anak kecil berebut angpau :D
itulah sedikit persiapan menjelang hari lebaran yang bisa saya bagikan dan yang terpenting adalah semoga di hari ini kita kembali fitrah, kembali suci serta untuk selanjutnya diri kita lebih terbekali dan di jauhkan dari kemungkaran.

amiiinnn.....amiinnn. ya rabbal alamiinn.....

Tag : Informasi
0 Komentar untuk "Tips Persiapan Menjelang Lebaran"

Back To Top