Rahasia dibalik ribuan Tips

5 Tips Menang dalam Perlombaan PBB (Peraturan Baris-berbaris)

5 Tips Menang dalam Perlombaan PBB (Peraturan Baris-berbaris)
sudah memasuki bulan agustus yang artinya sebentar lagi adalah hari dimana biasa kita peringati sebagai ulang tahun negara RI. lampu disco full colour mulai terpasang di setiap teras rumah, bendera kesucian dengan bangga mulai di kibarkan sejak H-3, konsep-konsep kegiatan berupa hiburan dan perlombaan tahunan menjelang tujuh belasan telah rampung di gagas panitia di tingkat desa.

dan tak kalah pula perlombaan resmi yang setia diadakan oleh Pemkab Daerah sebagai bentuk peringatan hari kemerdekaan adalah perlombaan Peraturan Baris-Berbaris (PBB). perlombaan tersebut setia bahkan wajib diikuti oleh seluruh sekolah setiap tingkatan baik mulai SD, SMP, dan SMA. dengan imbalan sebagai regu yang menjadi jawara dapat membanggakan almamaternya karena dengan mereka nama sekolah jadi ikut terangkat.

tak khayal betapa bergengsinya perlombaan ini di daerah perkotaan, tidak main-main untuk mendapatkan hasil yang maksimal ke kompakan regu telah di bidik, di seleksi, berlatih minimal H-30 hari.



dan berikut artikel ini kami tujukan kepada para pelatih, komandan regu dan anggota yang akan kami berikan tips agar nantinya menang dan menjadi Jawara dalam perlombaan Peraturan Baris-berbaris.

1. Seleksi
tahap paling awal ialah saat seleksi : pemilihan kandidat yang akan dijadikan anggota dalam regu sangatlah penting, mereka ini yang akan menentukan kemenangan team dan nama sekolah mereka. memilih anggota yang pertama harus di perhatikan ialah dengan mempunyai kriteria Fisik bagus, kuat, semangat dan sepantaran. jangan sampai ada perbedaan yang terlalu jauh antara anggota paling depan dengan anggota paling belakang nantinya. kerapian regu anggota juga akan menjadi perhatian para juri panitia.

2. Niat (Motivasi)
setelah terpilih cukup anggota yang sesuai pada kriteria di poin nomor satu selanjutnya bersama mantapkan niat dan hati mereka, tegaskan bagi mereka yang belum mempunyai minat membangun team bersama menuju kemenangan agar segera dengan sadar mengundurkan diri. karena bukan hal yang mudah berlatih mulai pagi hingga siang di bawah terik matahari sedangkan teman yang lain asyik belajar berteduh di dalam kelas.

mempunyai satu tujuan keinginan sangatlah penting.

3. Pemilihan Pemimpin
dalam hal ini menjadi seorang pelatih anda harus bijak, jangan egois menentukan pemimpin sesuai keinginan anda sendiri. alangkah baiknya jika di biasakan prinsip demokrasi lakukan voting biar anggota yang memilih dan barulah anda yang memutuskan layak atau tidaknya. pemilihan yang ngawur tentu harus tegas langsung anda tolak, yang baik ialah intinya harus ada kesepakatan antara pelatih dengan anggota untuk menunjuk satu orang pemimpin.

peran pemimpin atau yang biasa kita sebut Danru "komandan regu" ini sangatlah penting, insting memimpin mereka haruslah kuat. karena dialah yang akan menetukan nasib mereka di hari H. di track rute jalan yang telah di tentukan panitita. dialah satu-satunya yang menentukan baik buruknya keputusan yang akan diambil.

seorang pemimpin juga haruslah orang yang dipercayai oleh setiap anggotanya, kepercayaan anggota pada pemimpinnya membuat sang pemimpin lebih mudah dan aktif dalam mengatur anggotanya dan tentunya membuat regu semakin solid, kesolidan inilah yang akan membawa regu kepada kemenangan.

4. serius dan rutin berlatih
manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membangun cemistery antar anggota, serius dalam berlatih merupakan penunjang mutlak keberhasilan. dulu SMA saya merupakan SMA favorit di daerah saya keseriusan kami sempat membuat pelatih tercengeng-cengeng. waktu yang diberikan pelatih kami anggap kurang dan kami meminta waktu lagi untuk melipat gandakan jadwal latihan.
mulai jam setengah delapan selesai jam sebelas itu jadwal rutinya dan kami meminta waktu tambahan sepulang sekolah sampai sore dan pelatih pun sangat mensuportnya. selain itu di hari libur kami juga melupakan kegiatan-kegiatan pribadi serta pacar-pacar kami dengan alasan satu hal, yaitu giat berlatih agar maksimal di pertandingan.

dan alhasil sekolah kami pun naik satu level dari tahun sebelumnya, yang tahun kemarin kita kalah dari SMA 2 dan menjadi runner-up sekarang kami kembali bisa merebut piala berterut-turut yang biasa dipegang oleh pendahulu kami sebelumnya. iyaaa.. seakan menjadi tradisi kalau SMA 1-lah yang menjadi Jawara. itulah sebenarnya alasan mengapa saya berani membuat artikel ini.

5. berdo'a
hari H merupakan hari yang kami tunggu-tunggu, tiada rasa gentar sedikit pun dalam hati kami. dengan yakin kami terus berdo'a bersama di dalam hati untuk dapat menunjukan semaksimal mungkin kehebatan regu kami di mata dewan juri. tidak ada sedikitpun niatan kami untuk unjuk diri kepada peserta lain, terlebih pada suporter cewek SMA 1 yang setia mendukung kami. yang selalu kami jadikan patokan ialah diri kami sendiri, terus berdoa melakukan semaksimal mungkin untuk diri kami dan dewan juri yang menilai.

keringat bercucuran tak kami hiraukan, panas matahari menyengat terasa di pori-pori kulit kami, pantulan panas yang di timbulkan aspal membakar wajah kami, kami anggap sebagai tabir surya alami yang diberikan sang illahi.

kami lihat regu lain beristirahat memberhentikan gerakan ketika ada kesempatan ketika keadaan di depan mereka yang beberapa kali sempat berhenti macet oleh arus kendaraan. namun komandan dan juga kami sepakat untuk tidak melakukan hal itu. fisik kami telah digodok secara optimal dengan berlatih berjam-jam lebih banyak dari normalnya. kelelahan selama satu setengah jam untuk terus bergerak bukanlah hal yang dapat mematahkan semangat kami. dan alhasil dengan senyum riang gembira kami berhasil menyelesaikan misi. senyum semakin lebar ketika mendengar pengumuman sekolah kami menjadi jawara.

sekian tips dan cerita team kami dalam mendapatkan kemenangan dalam perlombaan tahunan Peraturan Baris-berbaris, semoga bermanfaat.

Tag : Tips Jitu
2 Komentar untuk "5 Tips Menang dalam Perlombaan PBB (Peraturan Baris-berbaris)"

saya dulu SMA nya di salah satu SMA swasta di kota depok gan, hehe agan mana ???

Back To Top