Rahasia dibalik ribuan Tips

7 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Mudah Sakit Kepala

7 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Mudah Sakit Kepala - tips ciamik
bukan hanya pola hidup seseorang yang akan terganggu, tetapi kualitas dan produktifitas kerja pun juga akan turun dengan signifikan akibat salah satu penyakit yang cukup umum ini dan pernah menimpa setiap manusia.

jangan pernah menyepelekan penyakit atau bisa kita sebut musibah bahkan sekecil apapun itu, karena sakit kepala yang terkadang beberapa orang sepelekan ini telah memakan korban 150 juta nyawa di jam dan hari-hari kerja, serta 300.000 lebih di hari sekolah di USA.

untuk itu sebisa mungkin kita harus berusaha untuk menghindari segala bentuk penyakit walau sekecil apapun itu.



lantas apa sih yang biasanya menjadi penyebab timbulnya sakit kepala atau migran ini ???. paling tidak dengan kita tahu penyebabnya kita juga akan menjadi tahu cara menghindarinya.

1. Stress
semua orang pasti setuju faktor stress merupakan pemicu utama dari sakit kepala, sebenarnya perlu anda ketahui bahwa sakit kepala akan muncul ketika masa stress telah usai. penyebabnya adalah hormon aktif yang melawan stress tersebut mulai menurun yang kemudian memicu saluran darah hingga membesar dan bereaksi membuat sakit kepala.

2. Dehidrasi
dehidrasi adalah kekurangan atau hilangnya Air dalam tubuh, pasti anda sering mengalami keadaan ini. dulu teman saya waktu SMA sering sekali pingsan ketika melakukan olahraga yang cukup berat dilapangan, dan katanya sempat diawali rasa pusing hebat tepat beberapa menit sehabis kepanasan berolahraga yang mengeluarkan keringat yang cukup banyak.
adapaun faktor dehirdrasi yang lainya adalah kebiasaan pola hidup yang kurang baik, terlalu sibuknya bekerja sampai lupa beristirahat, terlalu banyak mengkonsumsi deuretik seperti minuman beralkohol, kafein dan di tambah kurangnya mengkonsumsi air putih.

3. Diet
ada pro dan kontra saat anda melakukan program diet, baiknya diet yang terjadwal dan teratur dapat mengantisipasi timbulnya penyakit besar seperti obesitas, kolesterol dan lain-lain. namun adapula kontra dari program diet yaitu ketika ketidaksesuaian program diet (diet ekstream) yang dapat menyebabkan migran (sakit kepala) bahkan bisa lebih parah dari itu. jadi berbijaksana lah ketika anda memantapkan diri mengikuti program diet, lakukan dengan teratur sesuai anjuran dokter pribadi anda.

4. Kurang jam tidur
pola tidur yang tidak teratur dan kurangnya jam tidur dapat membuat anda sakit kepala, usahakan rutin dalam mengatur jadwal tidur. jadwal tidur yang baik yaitu dimulai dari jam 10 sampai jam 4, dan apabila anda sudah melakukanya maka konsistenlah dengan jam itu.

5. Hormon
kalian kaum hawa tentu sudah tidak asing lagi dengan penurunan hormon yang menyebabkan sakit kepala terutama di hari saat-saat anda sedang menstruasi. hal ini sangat wajar dan biasa terjadi yang disebabkan turunya tingkat ekstrogen dalam tubuh, itulah sebenarnya yang menjadi pemicu sakit kepala yang anda derita saat menstruasi.

6. Perubahan Cuaca
perubahan musim serta cuaca pancaroba memang memberikan dampak yang luar biasa khususnya bagi kesehatan tubuh manusia, ketika musim pancaroba datang bukan hanya di tandai dengan mulai munculnya gejala-gejala penyakit seperti flu, demam dan lain-lain.
di musim ini juga tak jarang orang yang sebelumnya sehat dan baik baik saja tapi tiba-tiba mudah terserang sakit kepala. ketika cuaca mulai berubah dengan begitu cepat dan sangat signifikan. misalnya semula cuaca di suatu wilayah dingin berkabut dan mendadak menjadi panas yang cukup ekstream, kelembapan dan tekanan panas udara ini yang dapat merubah zat kimia di dalam otak manusia dan perubahan ini juga yang menyebabkan sakit kepala. meskipun terkadang tidak semua perubahan cuaca dapat menyebabkan sakit kepala.

7. Terlalu Banyak berolahraga
olahraga adalah hal yang wajib dan mutlak bagi manusia untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya, namun kegemaran berolahraga yang melebihi porsi batas normalnya juga dapat memberikan beberapa dampak negatif bagi manusia. dan dampak dari olahraga berlebih yang sering terjadi adalah sakit kepala. olahraga yang berlebihan dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kepala dan leher yang dapat membuat pembuluh darah membengkak dan membesar sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "7 Cara Mengantisipasi Agar Tidak Mudah Sakit Kepala"

Back To Top