Rahasia dibalik ribuan Tips

Lakukan 6 hal ini Ketika Menjadi Siswa / Mahasiswa Baru

Lakukan 5 hal ini Ketika Menjadi Siswa / Mahasiswa Baru
Sebelumnya saya ucapkan selamat terlebih dahulu kepada adek-adek yang telah lulus bangku pendidikan tingkat dasar tingkat menengah atau menengah atas di tahun ini.

namun belum selesai nih perjuangan kamu, karena lulus satu level masih ada level-level selanjutnya, yang juga tak kalah membutuhkan perhatian khusus untuk melewatinya.

Intinya semakin naik tingkatan yang kamu lalui semakin besar pula tanggung jawab serta kewajiban yang harus kamu lakukan. namun ada keringanan jika kamu merasa belum mampu dan belum bersedia untuk menela'ah tanggung jawab yang lebih besar itu, yaitu dengan meminta kepada pak kepsek, kurang lebih begini "pak.. jangan lulusin inyong dulu.. inyong tak sanggup nanti disana, nyaman disini aja".

1:1.000.000.000 orang jika ada yang kayak gitu, alias gak ada. semua orang pasti ingin segera lulus dan bersedia untuk siap menghadapi tingkatan selanjutnya.
dan berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika berada di tingkatan lanjut atau lebih mudah saya bahasakan menjadi Siswa Baru entah itu SMP sederajat, SMA sederajat, atau Universitas yang juga sederajat.



1. Cari Teman
Jelas nih poin yang pertama, gak usah jaim lagi kalau masalah yang beginian. teman itu pentingg,, sekali lagi teman itu sangaaaaaaattt penting gaay's (teman baik)...
dia yang akan nentuin betah tidaknya kamu nanti di sana, berada di jalan yang baik atau buruk kah kamu nantinya.

untuk awalan karena masih sama-sama baru, temenin aja semuanya jangan keburu pilih-pilih baru ketika sudah berlangsung hampir 1 semester saat kamu sudah mengetahui dan bisa meng-kategorikan mana yang mempunyai akhlak baik >< buruk.. barulah di filter daaaannn.... tau lah maksudnya.

2. Sesuaikan Jadwal
Setelah itu hal berikutnya yang harus segera kamu utamakan demi keamanan kamu dengan status kamu sebagai siswa baru adalah segera sesuaikan jadwal.

catat jadwal terupdate dan ruang pertemuan atau kelas kamu.

3. Perhatikan peraturan dan poin-poin pelanggaran
yapp.. wajib bagi kamu hukumnya untuk mengetahui setiap peraturan yang ada dan dimanapun kamu berada. sebenarnya bukan cuma di sekolah atau di rumah di daerah manapun hukumnya adalah wajib.

"pendatang harus mematuhi dan menghormaati penduduk asli itulah hukum rimba"

karena saya anggap kamu sebagai pendatang baru disini jadi kamu harus mematuhi peraturan yang sudah ada. jangan sampai kamu melakukan sesuatu yang bersifat pelanggaran tetapi kamu tidak menyadarinya. misalnya hal kecil seperti dilarang memakai jaket / helm di lingkungan sekolah. jika kamu tidak mengetahuinya dan sedang berjalan menuju kelas dengan memakai helm di kepala seolah seperti astronot bisa-bisa kamu akan langsung kena tegur guru piket dan masuk ke kategori pelanggaran ringan atau mungkin bisa juga langsung poin.

jadi setidaknya baca satu kali dalam seumur hidup poin-poin pelanggaran yang telah di edarkan.

4. Perhatikan Dan Hafalkan Guru Setiap Mapel kamu / Dosen ketika Berkenalan
Penting nih bagi kamu untuk mengetahui pembimbing kamu di setiap mapel, mengetahui secara keseluruhan selain nama yang pastinya harus hafal dan juga yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara dia mengajar ...."sering nyuruh nulis atau lebih banyak menjelaskan", kemampuan dia mengajar.... "pintar, jadi tidak perlu buku tambahan", ciri dia mengajar misal "suka ngasih deadline", jadi biar kedepanya kamu tertib dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan dan tidak akan ada masalah dengan dosen atau guru pembimbing itu.

5. Patuh Terhadap Senior
adakah di jaman ini sekolah-sekolah yang masih menerapkan system beginian, kalau saat masa orientasi atau ospek mungkin itu wajarlah kan memang ada beberapa kegiatan yang disitu kita wajib mematuhi perintah panitia (senior) namun lepas dari itu ketika masa itu telah usai senior bukan apa-apa lagi.

maksud saya patuh terhadap senior disini adalah patuh dalam artian yang baik demi kemajuan bersama. contoh kasus : kamu mengikuti eksskul tari, musik atau kejuruan atau juga jurusan bagi yang kuliah semacam kegiatan intra (forum) begitu dan di bimbing oleh senior.

disinilah maksudnya kalau kamu ingin maju patuhilah seniormu, bukan karena mereka pintar tetapi karena merekalah yang lahir lebih dulu dan mengenal kejuruanmu lebih dahulu. dan satu lagi alasan penting ialah kamu yang membutuhkan.

6. Tunjukan Talenta
jika kamu mempunyai bakat dan talenta segera tunjukan tanpa ragu-ragu lagi. mungkin kamu sudah mempunyai sertifikat atau sempat mengikuti kegiatan ekstra di jenjang sebelumnya, segeralah cari informasi yang berkaitan dengan bakatmu itu disini dan ikuti terus perkembanganya, jika ada kesempatan untuk join atau ada pengumuman untuk dapat mengikuti lomba segera ajukan diri dan "Eksekusi".

demikian tips yang dapat saya sampaikan khusus bagi kamu yang sekarang sedang memulai system pembelajaran di jenjang yang baru.

congratulation... anda g'd luck !!!  

0 Komentar untuk "Lakukan 6 hal ini Ketika Menjadi Siswa / Mahasiswa Baru"

Back To Top