Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Agar tidak mudah lupa setelah membaca "terus teringat poin pentingnya"

Cara Agar tidak mudah lupa setelah membaca "terus teringat poin pentingnya"

Setelah selesai membaca sebuah artikel, buku, novel, koran atau sumber informasi dari media elektronik maupun media cetak lainya , terkadang kita sering mengeluhkan satu hal.

yaitu lupa dengan isi kandungan penting dari artikel yang telah kita baca, padahal tujuan kita membacanya adalah untuk menambah wawasan kita, nahh.. kalau udah demikian lantas bagaimana ? wawasan tidak bertambah malah waktu terbuang dengan percuma.

dimanakah letak kesalahanya apakah memori otak kita sudah penuh sehingga tidak mampu lagi menampung file / informasi baru. atau mungkin kita merasa fikiran dan otak kita sudah tidak sejernih dulu.



sebenarnya ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat kemampuan kita dalam mengingat sebuah sumber informasi baru baik yang  telah kita lihat ataupun kita baca, dan salah satunya adalah tekhnik cara membaca kita untuk itu tidak ada salahnya jika anda membaca "cara membaca buku efektif"

namun dalam artikel ini juga akan kami berikan poin yang akan kamu rangkum dalam sebuah tips yang bertujuan agar anda tidak mudah lupa setelah selesai membaca, terus mengingat dan menancap di fikiran anda dengan poin dan isi kandungan artikel yang telah anda baca, serta mampu memahaminya.

1. konsentrasi
ketika anda membaca sebuah artikel satu atau dua halaman atau mungkin sebuah buku besar dengan ratusan halaman, pastikan bahwa anda terus terfokus dan berkonsentrasi dengan teks bacaan anda.

berhentilah sejenak ketika fikiran anda mulai tidak fokus dengan apa yang anda baca. terlihat apabila anda membaca sebuah artikel dengan thema judul A misalnya, namun fikiran anda berada dan memikirkan yang lain bukan lagi di tema B tapi sudah ke X,Y atau Z. jika demikian, maka berhentilah sejenak dalam membaca.

baru selanjutnya cobalah berkonsentrasi kembali dan mengulangi lagi mulai kalimat mana anda tidak fokus tadi, baca perlahan sambil berimajinasi dengan apa yang anda baca.

fokus merupakan langkah yang wajib kita terapkan agar kita faham dan mengerti isi suatu artikel yang kita baca, apabila kita faham dan mengerti maka dengan mudah kita akan mengingat poin yang terkandung di dalamnya.

2. suka
sebelumnya dari awal anda harus menyukai artikel tersebut, artikel tersebut adalah artikel pilihan. menyukai artikel bisa terlihat dengan hanya dari menyukai judulnya saja.

alasanya kalau tema artikel yang anda baca tidak sesuai dengan kesukaan anda alias anda paksakan untuk terus membaca tanpa menyukai, kemungkinan bosan akan menghampiri anda sangatlah tinggi.
jadi sukai dulu tema dari artikel yang akan anda baca walaupun hanya sedikit, mengenalnya dulu baru kemudian membaca penuh artikel yang berkaitan denganya.

ketika anda memaksakan membaca sebuah artikel yang tidak anda sukai, tentu anda akan merasa bosan dan tidak fokus. inilah yang membuat berapa banyak halamanpun yang anda baca tidak akan pernah masuk ke dalam otak anda, mungkin karena memang sama sekali tidak berkesan bagi anda.

mungkin anda bertanya bagaimana kita bisa menyukai jika tidak membacanya ??

maksud saya akan lebih mudah memilih artikel ketika anda sudah menentukan tema apa yang akan anda baca, namun apabila anda yang suka membaca segala informasi baru mungkin bisa begini, baca dulu dari awal sampai seperempat bagian artikelnya. baru kalau anda tertarik boleh melanjutkan sampai selesai, dan tinggalkan apabila menurut anda tidak menarik. karena percuma juga kalau demikian yang anda baca tidak akan mampu meresap ke dalam otak anda  :)

3. Pilah artikel dengan pengemasan kata yang baik, menarik dan mudah di fahami
pilih artikel dengan pengemasan kata yang menarik dan mudah di fahami. contohnya semisal ketika kita mencari sebuah kata kunci di google, dengan satu kata kunci di hasil pencarian kita menemukan berpuluh-puluh blog yang membahas tema yang sama.

maka anda bisa memilih blog yang memberikan penyajian artikel yang menarik, hentikan kegiatan membaca anda jika anda rasa artikel dari blog yang anda baca itu tidak berkualitas, terlalu rumit dan terlalu bertele-tele.

pilihlah blog yang isi artikelnya itu berbobot dan berkualitas, bagus apabila anda sudah mempunyai satu blog / situs kepercayaan, yang anda yakin bahwa akan puas dan suka dengan isi dari blog tersebut.

 coba saja agar lebih mudah dan konkrit ketika anda menginginkan pembahasan tema yang lain misalnya, kunjungi blog kepercayaan anda itu kemudian menuju ke button searchnya dan gunakan untuk mencari judul artikel yang anda inginkan, siapa tau blog tersebut juga membahas artikel yang sedang anda cari. atau bisa juga search di google tetapi dengan di ikuti url blog langganan anda itu. misal :

"Cara Agar tidak mudah lupa setelah membaca - tips ciamik"

yang artinya anda ingin menemukan judul artikel Cara Agar tidak mudah lupa setelah membaca yang bahasan dari blog tips ciamik.

inti dari poin ini adalah hanya baca artikel-artikel yang menurut anda berkualitas. baik dari segi tema, isi, penyajian, alur, kata dan lainya.

4. satu thema banyak sumber
jangan langsung puas hanya dengan membaca dari satu sumber saja, anda harus lebih banyak memperoleh informasi dari banyak pemikiran. terkadang sebuah artikel di tulis berdasarkan pengalaman seseorang saja, maka dari itu penting membaca sebuah artikel dari tema judul yang sama tetapi dengan sumber yang berbeda-beda.

selain kesamaan poin dari sumber yang berbeda, perbedaan juga akan memperkuat ingatan anda terhadap poin-poin penting dari semua artikel yang telah anda baca.

Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "Cara Agar tidak mudah lupa setelah membaca "terus teringat poin pentingnya""

Back To Top