Rahasia dibalik ribuan Tips

Cara Mengatasi Masalah dengan saudara dalam keluarga

masalah, tidak ada yang bisa menghindari. kita sebagai manusia harus memandang hidup itu sebagai masalah. dan kita mempunyai suatu pilihan sebagai cara untuk menyelesaikanya.
masalah muncul tak kenal sapa, tak kenal orang. berbagai macam kategori masalah di antaranya masalah ekonomi, masalah pribadi, masalah kelompok, sosial, dan juga yang pastinya semua pernah ngalamin yaitu masalah dengan kerabat dekat atau keluarga.

mungkin bagi anda yang mempunyai type cuek, tidak akan berpengaruh ketika memiliki suatu
masalah dengan sahabat, teman atau orang lain, sikap anda yang cuek itu otomatis akan mengabaikan dan mengacuhkan mereka. namun bagaimana kalau orang itu adalah keluarga anda, orang yang tinggal satu atap dengan anda.

dengan kakak misalnya, ketika anda mempunyai masalah yang serius dengan kakak anda, haruskah anda cuek dan acuh kepadanya ??
kasihan ibu anda, akan sangat miris dan kecewa melihatnya, kerukunan yang diajarkan oleh nya semasa kecil benar-benar di lupakan dan tidak di terapkan.




anda tidak boleh seperti itu, karena selain rasa yang benar - benar tidak nyaman yang jika semula baik baik saja, yg semula selalu bersikap santai asyik di ajak ngobrol, bercengkrama bersama, bercanda ria, kini hanya diam membisu.
anda rugi, dan anda juga lebih rugi lagi karena sudah mengecewakan orangtua anda.

tendang jauh hasutan syetan sepeti itu dan segera kembali ke jalan yang benar, setidaknya niatkan hanya untuk membahagiakan orangtua anda, dan tidak mengecewakanya lagi.

ketika anda mempunyai masalah dengan salah satu anggota keluarga anda, berikut yang harus anda lakukan.

1. mengalah, tegur sapa duluan
jika anda mempunyai masalah dengan kakak anda, anda harus mengalah dengan asumsi sebagai adik atau yang lebih muda anda harus menghormati yang lebih tua.dan sebagai kakak jika anda mempunyai masalah dengan adik anda, anda juga harus faham sebagai kakak yang lebih tua anda harus mengalah karena kewajiban yang lebih tua adalah menyayangi dan melindungi.
jika kita menerapkan kedua prinsip ini dalam keluarga, insyallah tiap masalah akan cepat memudar dan segera menemukan titik rukun nya.

2. minta orangtua untuk ikut berperan
ketika cara pertama telah gagal di lalui cara berikutnya adalah menggunakan peran serta kedua orangtua untuk ikut membantu menyelesaikanya.
disini anda yang sedang baca artikel ini haruslah orang yang mempunyai inisiatif, jangan menunggu saudara anda duluan untuk mempunyai niatan baik kepada anda, namun andalah yang harus bersikap bijak terlebih dulu.
minta ke orangtua untuk mempertemukan kalian dalam suatu keadaan / kondisi, saat makan malam atau santai di ruang tamu.
utarakan kepada orangtua tentang masalah yang sedang melanda kalian, dan minta agar orangtua turut berperan mengayomi dan memberikan nasihat serta menghilangkan perasaan benci antar sesama ini. :)

3. hindari pemikiran mendiamkan
anda harus menghindari pemikiran "hallah diamkan saja, nanti juga bakal biasa lagi".. tidak baik mempunyai pemikiran seperti itu, lebih baiknya jika anda menghapus mainset itu dan menggantinya dengan "cara minta maaf seperti apa yang sebaiknya aku lakukan" :) .....

4. belikan sesuatu yang menarik
saudara juga salah satu orang yang paling berharga di hidup kita, sangat di sayangkan apabila kita memilih mengutamakan ego daripada ikatan keluarga yang telah tuhan takdirkan.
ketika anda mempunyai masalah dengan saudara (keluarga) anda, dan anda mempunyai niatan baik untuk memilih berbaik lebih dulu, mungkin salah satu caranya adalah menunjukan bahwa anda peduli dengan nya, mungkin dengan membelikan satu hal sederhana kesukaan saudara anda.

tidak mungkin sebagai saudara anda tidak mengetahui salah satu saja kesukaanya, misal saudara anda paling gemar dengan pentol baksonya pak Min, sepulang kerja sempatkan mampir belikan dan berikan khusus untuk saudara anda, tidak perlu berucap apa-apa, atau bertatap muka langsung. anda dapat menitip pesan ke ibu anda misalnya, bu tolong ini nanti kasihkan si adek, bilang mumpung masih anget. jika adek anda peka, adek anda akan faham yang anda maksud dan segera luluh serta memafkan anda dengan ikhlas.
poin nya bukan kaerena bakso nya, bakso adalah perantara. yang terpenting anda menunjukan bahwa anda peduli dan tidak acuh kepadanya.

jadi sebaik-baik saudara adalah tetap menjaga kerukunan diantaranya, saling menyayangi, mengasihi, mengingatkan, memahami, membantu (pasti) dan juga berbakti kepada orangtuanya.

Tag : Tips Jitu
1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah dengan saudara dalam keluarga"

Back To Top