Rahasia dibalik ribuan Tips

3 Aplikasi Android yang Ampuh untuk Belajar bahasa inggris

keinginan seseorang untuk dapat menguasai bahasa inggris kian meningkat terhitung sejak 5 tahun terakhir, terlebih sejak adanya rumor pasar bebas asia yang memungkinkan orang asing bebas keluar masuk indonesia untuk berdagang atau berbisnis lain. untuk itu sebagai masyarakat lokal kita harus siap dan mampu bersaing dengan mereka. mungkin dengan cara mampu berbahasa inggris terlebih dahulu, karena itu yang paling mendasar, kita harus mampu mengusai bahasa internasioanal yang mereka pergunakan.

terlebih dari itu bahasa inggris juga masih menjadi salah satu acuan bagi beberapa perusahaan besar untuk menyeleksi masuk karyawan nya. sebagai contoh apabila kita terjun di dunia jasa, seperti penerbangan pramugari-pramugara, perhotelan house keeping, receptionist, sales, travelling tour guide dll kemampuan bahasa inggris adalah nomor satu.

dan maka dari itu saya sendiri adalah seorang karyawan dari salah satu hotel berbintang di ibukota, disini saya juga masih belajar memperdalam lagi ilmu bahasa saya, untuk menambah skill bukan cuma bahasa inggris yang saya pelajari, saya juga mempelajari bahasa mandarin. namun kali ini yang akan saya bagikan adalah cara berlatih bahasa inggris versi saya, selain mempertajam kemampuan saya dengan ikut bimbingan les bahasa inggris saya juga sering menyibukan diri dengan beberapa aplikasi berlatih bahasa inggris yang terinstall di gadget pada sela-sela kesibukan saya. dan memang saya akui cara ini cukup signifikan menambah kemampuan bahasa inggris saya.

dan berikut 3 aplikasi utama yang saya install di gadget saya, dan akan saya jelaskan satu-persatu.


yahh... begitulah tampilan desktop smartphone saya begitu sederhana. ketiga aplikasi tersebut adalah :
- English Listening
- Kamusku ( indo-english, english-indo ), dan
- English Grammar

ketiga nya bisa di unduh secara gratis di play store, padahal begitu banyak aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk mempelajari bahasa inggris kenapa saya pilih tiga aplikasi itu ?? jawabanaya simpel, saya ber-acuan pada ratting dan testimoni pengguna lain, dan yang paling penting saya juga mencobanya terlebih dahulu jika cocok baru saya rekomendasikan ke teman-teman. karena ada juga beberapa aplikasi dengan ratting yang bagus ternyata menurut saya kurang bisa begitu maksimal, salah satu yang sering menghambat adalah tampilan iklan yang sangat tidak lazim. namun saya yakin ketiga aplikasi di atas tidak demikian bukannya bebas tidak ada iklan, tetapi iklan lebih relevan dan tidak mengganggu.
baik berikut saya jelaskan cara saya belajar dengan aplikasi ini. 

1. English Listening
aplikasi ini memungkinkan kita untuk melatih kemampuan listening kita, kita bisa memilih thema pembahasan yang kita inginkan pada index sebelumnya.
aplikasi ini biasanya saya pergunakan di malam hari, ketika saya tiba-tiba ingin berlatih dan ketika saya berada di dalam kamar. saya pergunakan alat pendukung seperti headsat.

laman awal, 


pilihan index,



contoh listening dan conversation

cara efektif untuk berlatih adalah pertama bisa anda pilah-pilah dahulu dari menu yang tersedia boleh sekedar buka buka semuanya, tetapi kalau saya lebih suka mengurutkan dari yang paling atas hingga terakhir (paling bawah), baru kemudian masuk ke menu index disini saya tidak mengurutkan dari paling atas seperti sebelumnya tetapi lebih kepada tema yang saya minati saat itu (conditional). misal pada contoh di atas saya memilih judul tema "how to take a picture"

baru berikutnya jangan anda baca dulu percakapan yang di tampilkan di layar ponsel, tetapi "play" terlebih dahulu file tersebut dan dengarkan percakapanya. agar lebih fokus pejamkan mata dan kunci smartphone anda.
dengarkan dengan cermat sampai ada pengulangan beberapa kali secara otomatis, biasanya saya biarkan hingga mengulangi minimal tiga kali bisa lebih tergantung saya sudah paham apa belum dengan isi percakapan tersebut.
kalau anda sudah yakin dan faham dengan isi percakpan tersebut, barulah buka mata dan perhatikan percakapan itu apakah ada yang tidak sesuai dengan yang anda bayangkan.
begitu cara berlatihnya.

kalau dari percakapan itu ada yang tidak anda mengerti, gunakan multi tasking untuk memindah-mindah ke aplikasi kedua "kamusku"

2. Kamusku

dari namanya anda pasti sudah tahu bahwa aplikasi ini berfungsi untuk mentranslate dari satu bahasa ke bahasa lain, dan disini kamusku dapat mentranslate dari bahasa inggris ke indonesia dan sebaliknya.
apa kelebihan dari aplikasi kamusku ?? yapp.,,, kelebihanya dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat mengoperasikan nya secara offline, jadi tidak perlu khawatir ketika kita darurat penasaran dengan arti suatu kata namun saat itu koneksi sedang tidak stabil. anda dapat membuka kamusku di samrtphone anda,

selain daripada itu kamusku juga memungkinkan kita mentranslate kalimat secara online, yahh mirip-mirip google translate gitu.



3. English Grammar
Aplikasi ketiga yang saya rekomendasikan dan saya banggakan adalah "English Grammar". awal nya saya cukup ragu dengan testimoni member lain yang menyebutkan banyak bug. namun kayaknya sudah melakukan perbaikan dan update versi terbaru, dan saya begitu kagum dengan aplikasi ini. kalau yang pertama tadi melatih kita untuk listening aplikasi ini melatih kita lebih ke writing, selain itu kita juga jadi mengetahui konsep-konsep penataan kata serta kalimat dalam bahasa inggris, karena kita dapat berlaih dengan sering-sering mengikuti test grammar nya.

kenapa saya bilang kita lebih di fokuskan pada writting nya, karena kita di tuntut untuk chating dengan teman-teman kita dari berbagai negara yang sama-sama berlatih bahasa inggris. bukan di tuntut sih sebenarnya tapi lebih kepada keaktifan kita sendiri untuk mulai mengechat teman-teman asing.
saya mendapatkan banyak teman dari sini dan rata-rata mereka berasal dari negara yang bukan mayoritas penduduknya berbahasa inggris "ya pastilah". teman-teman saya berasal dari india, syiria, japan, chile, dan lain-lain.

oke berikut saya tampilkan menu-menu yang ada pada aplikasi English Grammar dengan sedikit penjelasan.


tampilan awal dari aplikasi ini berupa pilihan dimana anda dapat memilih untuk mengikuti test grammar, atau berani untuk memulai chat langsung dengan member lain.


jika anda memilih intermidiate atau supper intermediate anda akan di suguhkan nomor seperti ini yang mewakili level test anda.
anda dapat memulainya dari nomor 1.


ini adalah salah satu contoh dari test grammar.

jika anda tadi memilih chat room, anda di haruskan log in terlebih dahulu dengan sebuah nick name dan langsung mereka ini menjadi daftar contact yang bisa anda chat.
mereka semua sangat ramah dan fast respon, karena kita sama-sama tau lah, bahwa disini kita sama-sama belajar jadi jangan takut tidak bakal ada yang akan nge-bully anda bahkan dengan kemampuan english anda yang sangat terbatas.

ini lebih ke chat grup, kita bisa berkomunikasi langsung dengan banyak orang atau memperhatikan perbincangan satu member dengan member lainya, dan mungkin juga bisa ikutan nimbrung sekali-kali.

oke demikian sedikit tips dari saya tentang belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan aplikasi android. jika anda rasa cara ini kurang greget mungkin anda bisa mengikuti les khusus seperti saya, jadi aplikasi ini hanya saya jadikan sebagai hiburan dan juga alat untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris saya.
terimakasih.............

Tag : Tips Jitu
0 Komentar untuk "3 Aplikasi Android yang Ampuh untuk Belajar bahasa inggris"

Back To Top