Rahasia dibalik ribuan Tips

Tips Ciamik Hadapi Ujian

TipsCiamik. Wah nggak berasa ya bentar lagi ujian. Kalo ada temen yang nyeletuk, gimana persiapan kamu buat hadapin ujian, kamu masih bingung nggak mau jawab apa?? Sebelum itu mari kita main tebak-tebakan dulu. Sebenernya, ujian itu buat apa sih? Kenapa harus ada ujian di dunia ini? Siapa yang kurang kerjaan cetusin ide buat ujian?? Eh, abaikan pertanyaan terakhir dan mari kita lihat jawabannya yang kurang lebih begini, 'Karna kalau kamu melakukan ujian, berarti kamu sedang mendemonstrasikan kemampuan otakmu dalam memahami materi pelajaran atau tugas-tugas yang sudah di berikan. Hasil akhir sebenarnya bukan masalah, yang penting adalah isi otakmu'. Author sadar jawabannya nganu banget, tapi mau nggak mau kamu harus setuju karna itulah kenyataannya, hahaha..
Oke, sekarang akan author jelaskan tipsnya satu persatu, mulai dari..


1. Belajar untuk ujian sebaiknya mulai dilakukan minimal seminggu sebelum ujian itu, akan lebih baik kalau kamu punya inisiatif meminjam kemudian memfotokopi bekas lembar soal ujian dari tahun-tahun sebelumnya kepada gurumu dan cobalah mengerjakan dengan batasan waktu tertentu. Misalnya 2x60menit atau kamu bisa menyesuaikannya sendiri.


2. Luangkan 20% dari keseluruhan waktumu. 10% untuk preview soal-soal ujianmu sebelum kamu kerjakan, dan 10% berikutnya untuk memeriksa jawabanmu setelah kamu kerjakan. Jadi bukan langsung dikerjain setelah lembar soal disebarin ya guys.. ingak.. ingak.. ting!

3. Jawab soal-soal ujian secara strategis. Mulai dengan menjawab pertanyaan mudah yang kamu ketahui, dan juga soal-soal yang memiliki poin tinggi. Sisakan soal yang sulit, dan yang memiliki nilai kecil untuk dikerjakan belakangan.


4. Cobalah untuk mengetahui jawaban yang harus dipilih dan ditebak. Abaikan jawaban yang memang sudah kamu pastikan salah. Jangan menebak suatu pilihan jawaban kalau kamu tidak tahu jawabannya secara pasti. Dan karena pilihan pertama jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya lagi, kecuali kamu yakin pada koreksimu itu


5. Yang terpenting, tenanglah dan percaya pada dirimu sendiri. Kamu juga harus waspada tapi tetap santai. Rasa gugup hanya akan membuat otakmu semakin sulit berfikir


6. jangan pakai SKS (Sistem Kerja Semalam). Kamu tidak boleh begadang di malam ujian, justru kamu harus istirahat sebaik-baiknya. Itu berguna agar saat terbangun, energimu dalam kondisi optimal untuk berfikir. Jangan lupa juga untuk mengawali hari dengan sarapan.


7. Hari dimana saatnya kamu ujian, kamu harus datang lebih cepat, dengan persiapan yang matang dan jangan lupa bawa semua alat tulis yang dibutuhkan, supaya kamu tetap bisa konsentrasi tanpa harus sibuk meminjam sana sini sebelum ujian. Yang terpenting jangan ada kata terlambat diantara kita.. ceilah.. ampun guys, dihari pertama ujian maksudnya. Hahaha

8. Lakukan semua tips di atas setiap kamu ada ujian biar hasilnya maksimal. jangan harap dapat nilai bagus ya kalo cara terapin tipsnya cuma dipake sekali doang, apa lagi cuma setengah-setengah (authornya kagak rela, sumpah!)

9. Terakhir, jangan terlalu mengkawatirkan nilai temanmu dengan memberi mereka contekan. Mungkin kamu akan sedih melihat mereka mendapat nilai jelek, tapi kamu pasti akan lebih sedih lagi kalau ternyata mereka punya nilai lebih tinggi daripada kamu.

Dan itulah guys, beberapa tips yang kamu butuhkan buat menghadapi ujian. semoga tips nya bermanfaat dan bisa mempermudah kamu dalam mempersiapkan ujian ya? Mohon kritik, saran, dan kalo ditambahi hadiah author juga nggak bakal nolak kok, hehe. Finally, sampai jumpa ditips-tips ciamik selanjutnya.. Bye-bye.
0 Komentar untuk "Tips Ciamik Hadapi Ujian"

Back To Top